Riawani Elyta: Memupuk ikatan kasih sayang dan amal jariah dengan Tradisi Berbagi Souvenir Islami

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Monday, 13 July 2015

Memupuk ikatan kasih sayang dan amal jariah dengan Tradisi Berbagi Souvenir Islami


Apa yang terbayang dalam benak sahabat saat mendengar kata “souvenir Islami”? tentunya souvenir atau cinderamata yang melambangkan ciri-ciri islami, ataupun souvenir yang bisa diberikan untuk para tamu undangan pada acara-acara yang dianjurkan dalam Islam untuk diselenggarakan, seperti acara walimahan (pernikahan) dan akikah, juga acara-acara perayaan dalam Islam seperti pengajian, syukuran, khataman, dan tahlilan.
Lalu, apa yang membedakan souvenir Islami dengan souvenir pada umumnya, seperti gantungan kunci, kipas, gelas dan barang hiasan lainnya?
Pertama –  pada ciri-cirinya, di mana souvenir islami menunjukkan ciri kekhasan islam. Kedua - pada pemanfaatannya. Souvenir islami tak hanya sekadar menarik dalam penampilan, tetapi juga bermanfaat bagi yang menerima.
Contohnya saja souvenir tasbih yang dapat digunakan untuk berzikir, souvenir pernikahan seperti bros yang dapat digunakan sahabat muslimah untuk mempermanis penampilan bersama jilbab, souvenir berupa surah yasin yang dapat dibaca saat tahlilan ataupun sebagai amalan rutin, souvenir berupa sajadah yang dapat digunakan untuk beribadah sholat, dan sebagainya.
Dalam tradisi masyarakat kita, souvenir atau hadiah biasanya diberikan pada kesempatan-kesempatan dan momen spesial, termasuk pada acara-acara hari besar Islam. Dan tujuan utama dari pemberian souvenir atau hadiah ini adalah untuk mengungkapkan rasa terima kasih, penghormatan, dan kasih sayang.

Jika melihat asal usul pemberian souvenir atau hadiah dalam tradisi masyarakat kita, konsep pemberian hadiah ini sebenarnya telah dimulai pada masa kerajaan. Ketika itu, pemberian hadiah pada umumnya terbagi atas 3 (tiga) cara, yaitu :

  • pemberian hadiah oleh rakyat kepada raja sebagai bentuk ketaatan dan loyalitas,
  • pemberian hadiah dari tamu yang datang kepada raja sebagai wujud rasa hormat dan penghargaan,
  • pemberian hadiah pada seremoni tertentu di kerajaan seperti peringatan kenaikan tahta, perayaan hari kelahiran putra mahkota, dan sebagainya.

Dalam perkembangannya, tradisi memberi hadiah ini tak hanya terbatas dilakukan dalam lingkungan kerajaan, tetapi juga diikuti oleh masyarakat umum, termasuk pemberian hadiah yang dilakukan pada seremoni ibadah sebuah agama.


Islam sendiri sangat menganjurkan umatnya untuk memberi hadiah, karena hadiah dapat memperkuat ikatan kasih sayang dan hubungan sosial, serta menghilangkan permusuhan dan kedengkian. Ini sejalan dengan pengertian hadiah dalam istilah syar'i, yaitu memberikan sesuatu kepada seseorang dengan tujuan terwujudnya hubungan baik dan mendapatkan pahala dari Allah tanpa adanya permintaan dan syarat. Dalam sebuah  riwayat  disebutkan  bahwa  Rasulullah saw  pernah  bersabda, ”Saling memberi hadiahlah kalian, meskipun dengan sedikit tulang domba. Karena hal itu bisa memperkuat kasih sayang dan menghilangkan permusuhan.”

Dalam hadits yang lain pula beliau bersabda, “Hendaklah kalian saling memberi hadiah, agar kalian saling mencintai.” (HR. al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad, Shahih al-Jami 3004, al-Irwa 1601).

Berdasarkan anjuran ini, maka tradisi pemberian souvenir sebagai wujud pemberian hadiah adalah tradisi yang sangat baik untuk dilestarikan. Selain menjadi wujud kepatuhan terhadap anjuran Rasulullah SAW, dapat memperkuat ikatan silaturahim dan kasih sayang, pemberian souvenir khususnya souvenir islami juga dapat menjadi sarana dakwah dan amal jariah. Mengapa? 

Sebelumnya, mari kita lihat dulu pengertian amal jariah. Dalam bahasa Arab, amal jariah berarti amal yang mengalir, atau secara definisi, yaitu perbuatan baik yang mendatangkan pahala bagi yang melakukannya meski orang tersebut sudah wafat. Dan pahala akan terus mengalirinya selama orang yang masih hidup mengikuti atau memanfaatkan hasil amal perbuatan tersebut. Yang termasuk di dalam amal jariah ada 7 (tujuh) macam, yaitu : ilmu yang disebarluaskan, anak soleh yang mendoakan orang tuanya, mushaf (kitab-kitab agama) yang diwariskan, mesjid yang didirikan, rumah yang dibangun untuk musafir, sungai yang dialirkan untuk kepentingan orang banyak dan harta yang disedekahkan.

Oleh karenanya,  ketika kita memberi sarana ibadah yang cantik dalam bentuk souvenir islami, seperti tasbih, surah yasin atau sajadah, maka selain dapat memupuk ikatan kasih sayang, selama orang yang menerima souvenir tersebut menggunakannya untuk beramal atau untuk keperluan ibadah, misalnya menggunakan tasbih untuk berzikir, menggunakan sajadah untuk sholat, membaca surah yasin sebagai amalan rutin, maka insya Allah, selama itu pulalah pahala amal jariahnya akan mengalir pada kita. Masya Allah, luar biasa sekali bukan?

Sahabat ingin beramal jariah dan mempererat silaturahim dengan cara berbagi souvenir islami? Atau ingin memberikan souvenir islami pada momen-momen spesial dan acara-acara islami? Berbagai jenis souvenir islami dan souvenir pernikahan dapat sahabat temukan dengan mudah di www.refiza.com, sebuah situs online yang menyediakan berbagai produk souvenir islami dan souvenir pernikahan secara lengkap.
Berikut sederet keunggulan produk Refiza :
  • Bergaransi
Refiza bersedia menerima kembali barang yang cacat dan bisa menggantinya dengan barang yang sama harganya. Sahabat berhak melakukannya dalam 2 (dua) hari setelah barang diterima.

  • Kontrol kualitas
Refiza melakukan pengontrolan terhadap setiap produk yang diproduksi. Sehingga apabila order dilakukan dalam tenggang waktu yang wajar maka hasil produksi pun dapat maksimal.

  • Unik
Produk di refiza sangat jarang ada di manapun. Produksi dibuat secara hand-made dan memperhatikan nilai seni serta kecantikan dan juga menghasilkan kesan unik.

  • Pemesanan yang mudah
Cara pemesanan di refiza tergolong mudah. Setelah melihat display dan detail produk di situsnya, sahabat bisa melakukan pemesanan secara private dengan menghubungi customer service refiza melalui kontak BBM,Whatsapp,Line atau SMS yang tertera di situsnya. Beritahu kode/nama produk yang ingin dipesan beserta kuantitasnya. Setelah itu customer service akan membuatkan rincian pemesanan beserta ongkos kirim. Setelah sahabat melakukan konfirmasi pembayaran ke customer service, selanjutnya tinggal menunggu pemesanan sahabat untuk diproses dan dikirimkan. Sahabat juga bisa mengecek resi pengiriman di situs refiza jika produk sudah dikirimkan. Selain itu, sahabat juga bisa melakukan pemesanan produk refiza melalui tokopedia.

  • Lengkap dan fleksibel
Refiza menyediakan berbagai paket souvenir secara lengkap untuk berbagai momen, seperti Souvenir Pernikahan, Souvenir syukuran, Souvenir Promosi Perusahaan, Souvenir oleh-oleh haji, Souvenir Ulang Tahun, Souvenir Kelahiran bayi/Aqiqah, Cinderemata Seminar atau Workshop, dan sebagainya. Tidak ada jumlah minimum pembelian kecuali paket souvenir. Dan dengan minimal belanja Rp 50.000 di luar ongkos kirim, sahabat sudah dapat melakukan pemesanan produk. Selain itu, refiza juga melayani pemesanan secara urgen dan pemesanan sesuai desain rancangan si pemesan.

  • Kesempatan menjadi agen dan reseller
Selain melayani customer di seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri, Refiza juga membuka kesempatan untuk sahabat yang ingin menjadi agen dan reseller refiza dengan persyaratan yang fleksibel dan keuntungan yang menjanjikan.

Berikut di antara produk souvenir islami yang tersedia di refiza  :

  •  Tasbih
Ingin menghadiahkan souvenir islami yang praktis, cantik dan bermanfaat untuk acara-acara keislaman, seperti pengajian, aqiqah, tasyakuran haji dan umroh, ataupun pernikahan? Tasbih cantik dan eksklusif dari refiza ini bisa sahabat jadikan pilihan. Tasbih dari refiza terbuat dari bahan premium dengan kualitas tinggi dan tersedia dalam range harga yang bisa sahabat sesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

 
tasbih dengan kemasan lux untuk souvenir pernikahan
tasbih eksklusif untuk acara spesial
-


  •         Bros cantik
Bros cantik dan elegan dari refiza ini bisa memperindah penampilan sahabat bersama jilbab, juga elegan dipakai untuk menghadiri acara formil dan resepsi.

 
bros cantik ini....semua pasti suka  :)
-           

  •     Buku pengajian pernikahan
Menjelang akad nikah dan resepsi pernikahan, masyarakat muslim kita biasa menyelenggarakan acara pengajian bersamaan dengan prosesi siraman. Buku pengajian pernikahan dengan cover yang cantik ini bisa sahabat jadikan souvenir untuk acara pengajian menjelang prosesi akad nikah.

buku pengajian pernikahan
 
  •   Yasin
Bagi sahabat yang akan menyelenggarakan acara tahlil dan bosan dengan model buku Yasin yang itu-itu saja, produk Yasin cantik dari Refiza ini bisa menjadi pilihan. 

buku yasin yang cantik lagi bermanfaat

-      

  •     Amplop Lebaran
Lebaran sudah diambang pintu. Salah satu tradisi masyarakat kita adalah memberi amplop Lebaran kepada sanak keluarga khususnya anak-anak. Sahabat bisa memberikan hadiah uang dalam amplop Lebaran dari refiza yang bermotif unik dan cantik ini hingga akan lebih berkesan untuk si penerima.

amplop Lebaran yang cantik


Selain sahabat dapat berbelanja souvenir islami dan souvenir pernikahan di refiza, di situs ini sahabat juga bisa membaca artikel-artikel bermanfaat tentang acara-acara dan perayaan dalam Islam, seperti walimahan, tradisi Lebaran, tahlilan, pengajian dan sebagainya. Intinya, mengunjungi refiza tidak hanya membuat sahabat bisa cuci mata dan memilih-milih produk souvenir islami untuk dijadikan cinderamata atau hadiah pada acara-acara spesial, tetapi juga bisa memperkaya pengetahuan dan wawasan.

Bersama Refiza, tradisi berbagi souvenir akan menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan, bermanfaat positif bagi si penerima, mewujudkan anjuran Rasulullah saw untuk saling memberi hadiah dalam rangka mempererat ikatan kasih sayang, dan insya Allah .....akan menjadi ladang amal jariah untuk sahabat yang melakukannya.

Mari kita lestarikan tradisi berbagi souvenir islami  dan raih pahala kebaikan dunia dan akhirat :)

Referensi :

sumber gambar :


15 comments:

  1. Mauu brosnya... cakeeep..
    Souvenir yg lainnya jg lucu2 yaa..

    ReplyDelete
  2. Produknya bagus2 banget. Naksir tasbih yg hijau.

    ReplyDelete
  3. Wah, asyik nih ya dengan adanya layanan jasa seperti ini.
    Pengemasannya manis.
    Dan itu amplop lebarannya bikin mupeng. 😊

    ReplyDelete
  4. Iya mbak anne, wuri, tasbihnya bikin mupeng :) ada kotaknya lagi :)

    ReplyDelete
  5. Iya eni, kalo dikasih amplop secantik itu dgn amplop2nya disimpan :)

    ReplyDelete
  6. Thanks to article,i like it sir,i wait a new post.and good luck..

    ReplyDelete
  7. artikelnya menarik,enak dibaca,bisa menambah wawasan,dan terus update pokoknya,Terimakasih.

    ReplyDelete