Riawani Elyta: #BeraniLebih Menginspirasi Lewat Karya

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Wednesday, 29 April 2015

#BeraniLebih Menginspirasi Lewat Karya

Suatu hari, saya kedatangan tamu seorang pembaca novel saya, dan sampai hari ini, masih terngiang-ngiang apa yang dikatakannya ketika itu, begini katanya : saya benar-benar terinspirasi dengan novel mbak yang berjudul First Time in Beijing, semangat saya langsung terbangkitkan untuk berani berbuat seperti Lisa dalam novel itu, Lisa berani memulai sesuatu yang tidak pernah diketahuinya selama ini, yaitu tentang dunia kuliner, meski untuk itu, dia harus belajar dari nol, dan harus jatuh bangun dalam memperjuangkan impiannya sampai dia berhasil mengelola restoran.
 
Pada saat itu, saya baru benar-benar menyadari bahwa dengan ijin Tuhan, kita pun bisa menginspirasi orang lain lewat tulisan. Tak hanya sang pembaca yang datang ke rumah tersebut, Alhamdulillah, sampai hari ini, telah puluhan email dan inbox facebook saya terima dari pembaca, yang mengaku terinspirasi dari buku dan novel yang saya tulis. Ada yang mengaku terinspirasi untuk menjadi remaja yang hebat setelah membaca buku duet nonfiksi saya yang bertema remaja unggul, ada yang merasa terbangkitkan semangatnya untuk membuka bakery dan cafe setelah membaca novel-novel saya yang mengangkat latar bisnis bakery dan coffee shop, juga ada yang mengaku terdorong itikadnya untuk membangun rumah tangga yang harmonis setelah membaca non fiksi duet saya yang bertema pernikahan dan rumah tangga.

Saya sadar, bahwa semua inspirasi itu hanya bisa menyentuh hati dan memotivasi pembaca, adalah dengan restu dan izin Yang Maha Kuasa. Hal ini saya maknai sebagai isyarat dariNya agar saya #beranilebih menginspirasi orang lain lewat karya atau tulisan, meski berbagai cobaan dan rintangan yang harus saya hadapi dalam dunia penulisan ini bukanlah hal yang mudah.

Selain itu, dengan terus menulis, sebenarnya saya juga tengah berusaha membangun kebahagiaan, baik kebahagiaan untuk diri saya sendiri, dan mudah-mudahan juga untuk orang lain yang memetik inspirasi dari tulisan saya. Karena menulis – sebagaimana dikatakan Intan Savitri dalam salah satu kelas menulis online FLP - dapat menjadi therapi jiwa dan meningkatkan kesehatan mental seseorang, dan hal ini bukan sekadar hipotesis, melainkan telah melalui penelitian yang dilakukan selama dua dekade.

Dan kita pun sama-sama mengetahui, bahwa memiliki jiwa dan mental yang sehat, adalah salah satu pondasi penting untuk membangun kebahagiaan. Maka untuk mewujudkannya, saya mendorong diri saya untuk terus menulis setiap hari. Tak hanya menulis buku, saat ini saya juga menjadi salah satu kontributor media online sehingga saya pun memiliki lebih banyak kesempatan untuk berbagi inspirasi dalam bentuk artikel-artikel pendek yang dipublikasi secara online.

Selain menyemangati diri sendiri untuk terus berkarya, saya juga berusaha mendorong orang lain untuk sama-sama berkarya, di antaranya dengan menjadi admin di salah satu komunitas menulis online dan menjadi mentor kelas private penulisan novel. Harapan saya, dengan upaya yang sederhana ini, akan semakin banyak orang berkesempatan untuk berkarya dan menginspirasi dunia lewat tulisan, dan mudah-mudahan, hal itu dapat membangun kebahagiaan baik bagi diri mereka sendiri juga bagi orang lain. Semakin banyak orang yang berbahagia, insya Allah, dunia juga akan semakin terasa damai dan indah, bukan?

Jumlah : 470 kata

FB  : Riawani Elyta
Twitter : @RiawaniElyta




17 comments:

  1. Hmm ceritanya pas banget, tulisan memang bisa menginspirasi seseorang, aku juga penggemar tulisanmu mbak Lyta, cuma blm bikin testimoni aja hahaha.. Oke smg aku bisa mengikuti jejakmu Jd penulis yg menginspirasi yaa.. Thanks for sharing..

    ReplyDelete
  2. Iya bener..tulisan bisa menginspirasi seseorang... apalagi jika tulisan itu berisi kebaikan...

    ReplyDelete
  3. Terus menulis, Mbak Lyta. Idem sama mbak Tridi, semoga bisa mengikuti jejak mbak Lyta juga :D

    ReplyDelete
  4. semoga bisa jadi juara yah mba di lomba #BeraniLebih :)

    ReplyDelete
  5. hasil karya yang baik cerminkan kualitas pribadi

    ReplyDelete
  6. menulis memang sebuah cara mencurahkan idea dan pemikiran original...

    ReplyDelete
  7. karya yang baik bisa menginspirasi semua orang yang membacanya

    ReplyDelete
  8. Sangat menginspirasi artikelnya , sukses selalu

    ReplyDelete
  9. sangat menginspirasi artikelnya ..
    Ditunggu artikel berikutnya ya gan

    ReplyDelete