Riawani Elyta: [REPOST] Tips Cantik Alami: Bibir yang jarang dipoles lipstick lebih sehat?

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Thursday, 5 March 2015

[REPOST] Tips Cantik Alami: Bibir yang jarang dipoles lipstick lebih sehat?

foto : Google

Lipstick atau pemerah bibir adalah salah satu perangkat kosmetik “wajib” bagi sebagian besar kaum wanita. Sering kali, para wanita merasa belumlah lengkap penampilan diri saat keluar rumah atau bepergian tanpa menggunakan lipstick.

Tapi, tahukah sobat Ummi, bahwa bibir yang jarang dipoles lipstick justru lebih sehat dibandingkan bibir yang hampir setiap hari berinteraksi dengan lipstick? Ini disebabkan zat yang terkandung di dalam lipstick terkadang tidak cocok dengan bibir dan dapat menimbulkan efek samping khususnya pada bibir yang sensitif. Pemakaian lipstick yang terlalu lama seperti jenis matte lipstick juga dapat menyebabkan bibir, terutama pada bibir yang sensitif mengalami kekeringan dan mengelupas.

Jadi, bagi sobat Ummi yang tidak terbiasa memakai lipstick, jangan khawatir untuk meneruskan kebiasaan itu. Karena bibir anda akan lebih terjaga dari kandungan zat di dalam lipstick yang boleh jadi tidak cocok dengan bibir. Selain itu, penggunaan warna lipstick yang mencolok juga dapat menarik perhatian lawan jenis dan tentunya hal ini tidak diperbolehkan di dalam Islam.

Lalu, bagaimana dengan sobat Ummi yang merasa kurang percaya diri jika tidak mengenakan lipstick saat keluar rumah atau bepergian?

Sobat Ummi bisa menggunakan lip balm atau pelembap bibir dengan warna alami dan tidak glossy atau mengkilat sebagai pengganti lipstick. Kandungan pelembap dalam lip balm juga dapat menjaga kelembapan bibir dan mencegahnya dari mengalami pecah-pecah dan kekeringan.

Kalau pun tetap ingin menggunakan lipstick, pilihlah yang berwarna alami atau sewarna dengan bibir, poles tipis-tipis saja dan jangan lupa dibersihkan usai pulang bepergian.

Satu hal yang tak kalah penting, bahwa kecantikan bibir yang sejati sesungguhnya bukanlah terletak pada keindahan bentuk lahiriahnya, tetapi terletak pada apa yang terlahir oleh bibir itu sendiri. Bibir yang senantiasa mengucapkan zikir, perkataan yang baik-baik dan menyenangkan hati tentu saja lebih indah dari bibir yang kerap mengucapkan kalimat kasar, caci maki dan melukai hati orang lain.

Referensi : Elyta, Riawani. Mutia, Risa. Suryanti, dr. Maya, dkk. 2010. 99% Cassh Cantik, Sehat, Shalihah. Yogyakarta : Leutika.

Artikel ini dimuat di Ummi online edisi 4 Maret 2015

2 comments:

  1. jadi ga papa kalau jrang pakai lipstick ya ? justru lebih sehat bibir tanpa lipstick yaa :)

    ReplyDelete