Riawani Elyta: DRAFT NASKAHMU NGGAK KUNJUNG KELAR? INI (BISA JADI) SOLUSINYA

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Friday, 20 March 2015

DRAFT NASKAHMU NGGAK KUNJUNG KELAR? INI (BISA JADI) SOLUSINYA

Teman-teman yang sedang atau sudah pernah menulis buku, mungkin pernah merasakan kejenuhan saat draft naskahmu nggak kunjung kelar. Jika itu berupa novel, mungkin mulai jenuh dengan draft cerita yang nggak kunjung usai.

Jangan panik dulu atau memutuskan untuk langsung berhenti ya sob, 4 (empat) alternatif solusi berikut ini mungkin bisa membantu :


  1. Berdoa pada Yang Maha Kuasa minta dilancarkan ide dan dibuka semua sumbatan-sumbatan yang menghalangi proses menulis. Semua ide dan inspirasi yang mengalir datangnya dari Allah, jadi, kemana lagi kita meminta tolong kalau bukan kepada Sang Maha Pemilik Ide? :)  
  2. Tinggalkan naskahmu barang sejenak, sampai rasa rindu yang tak tertahan memanggil-manggil lagi untuk kembali menulis (aish...:D) tapi jangan kelamaan yak, nanti mau dilanjutin lagi rasanya udah males luar binasa, eh biasa :)
  3.  Cari cara untuk bikin semangat menulis kita tetap menyala. Setiap orang berbeda-beda caranya, ada yang memperbanyak baca buku, ada yang tambah giat jalan-jalan, ada juga yang tiap malem rajin nonton film. Lakukan mana yang cocok dengan diri kita aja :)
  4. Setelah ketiga alternatif tersebut dicoba, tetapi masih juga gagal ngelanjutin draft-mu, coba cek lagi tulisan kita. Mungkin ada salah satu elemen yang kamu nggak suka, nggak klik sama hatimu, mungkin temanya, mungkin karakter tokohnya, atau mungkin, risetmu belum memadai? atau jangan-jangan, ceritamu belum punya pondasi yang kuat? kenali kelemahan ini dan jangan takut untuk membongkar pasang, percaya deh,  nggak ada revisi yang sia-sia, at least, proses revisi itu juga bisa meningkatkan kualitas tulisanmu.

Selamat mencoba ya, Sob. 

foto ilustrasi : google

5 comments:

  1. Bener tuh semua ada pada diri, tetap semangat dan berjuanglah maka hasil akan menghampiri.

    ReplyDelete
  2. makasih mbaa..aku lagi macet ide huhuhu...coba tipsnya dulu yaa..

    ReplyDelete
  3. betul bisa jadi terlalu tekun jadi booring

    ReplyDelete
  4. rehat sejenak hilangkan pengat,bekerja lagi setelah fresh

    ReplyDelete