Riawani Elyta: Tentang Fatamorgana ; Room 403 [Novel Pemenang Unggulan LMNI 2014]

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Tuesday, 6 January 2015

Tentang Fatamorgana ; Room 403 [Novel Pemenang Unggulan LMNI 2014]

gambar fatamorgana, diambil dari sini
Fatamorgana ; Room 403.
 

Masih terlalu dini untuk membincang novel ini. Mungkin terbit tahun ini, mungkin juga tahun depan, hanya Allah dan penerbit yang tahu :D

Tetapi, gatal juga jari saya untuk menulis tentangnya, karena selain Dear Bodyguard, ini termasuk draft naskah saya yang paling banyak mengalami bongkar pasang. 


Ahh..ternyata saya bukan penulis (yang terbiasa) dengan konsep yang matang, saya lebih suka membiarkan pikiran dan imajinasi saya menuntun jalannya cerita, bukan menentukannya (secara saklek) sejak awal.


Bahkan, sampai sebulan jelang DL LMNI (Lomba Menulis Novel Inspiratif Indiva) 2014, novel ini masih juga mengalami perombakan, termasuk merombak plot besarnya. Walhasil, isi novel ini pun jadi kompleks, gado-gado : disitu ada kisah sang 'penulis pabrik', tourist guide, pilpres, hingga tragedi Priok. Dan....untuk pertama kalinya saya menggunakan pov laki-laki sebagai tokoh utamanya, poll sepanjang cerita. Saya berharap, tokoh saya benar2 terasa 'laki', nggak sekadar meminjam nama lelaki tapi suara dan pikirannya wanita. 

Kesimpulannya, ini memang sebuah novel eksperimen, dimana saya mencoba keluar dari zona nyaman dengan memberanikan diri menyentuh isu politik, kultur dan sejarah. Dan.....untuk sebuah novel gado-gado-eksperimen-bongkar pasang, menjadi pemenang unggulan di even LMNI 2014, Alhamdulillah - merupakan kebahagiaan buat saya di akhir tahun lalu.

Apa misi utama novel ini? saya tidak akan menuliskannya sekarang....saya lebih excited jika misi itu berhasil ditemukan dan ditafsirkan oleh pembaca sendiri, bukan karena saya yang kasih tahu, hehe.



Lalu, kenapa judulnya Fatamorgana? Judul ini juga baru muncul setelah saya menulis lebih separuh dari perjalanan novel ini. Meski demikian, keseluruhan isi cerita ini jika dirangkum dalam satu kata, maka kata yang paling tepat, ya Fatamorgana. 

Ada apa pula dengan Room 403? Wah, masih rahasia pastinya. Inilah tempat dimana rahasia demi rahasia di dalam novel ini akan terurai.
 

Semoga teman-teman yang selama ini setia baca novel-novel saya dan yang belum pernah baca sebiji pun, berkenan membaca persembahan novel gado2 saya ini (kalau udah terbit) nantinya. Dan semoga juga, misi dibalik cerita ini bisa membawa kebaikan dan manfaat bagi pembaca semua. Amiin.

7 comments:

  1. Jadi penasaran pengin cepet baca (*q*)
    Aku juga kalo nulis PoV laki masih dibilang agak feminin... hiks...

    ReplyDelete
  2. Iya Ru, 'masuk' ke pikiran dan perbuatan cowo itu susah, hehe

    ReplyDelete
  3. aku sebenarnya nggak suka dengan 'rahasia'
    tapi...
    nggak ada sesuatu yg menarik kan kalo nggak ada rahasia [halah]
    btw
    Barakallah Bund...
    Smoga aku bisa segera nyusul...

    ReplyDelete
  4. penuh teka teki seperti fatamorgana

    ReplyDelete