Riawani Elyta: Resensi Buku Agar Dicintai Suami Layaknya Sayyida Khadijah : Mengenal Sosok dan Keteladanan Khadijah ra

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Wednesday, 12 November 2014

Resensi Buku Agar Dicintai Suami Layaknya Sayyida Khadijah : Mengenal Sosok dan Keteladanan Khadijah ra

Siapa yang tak kenal ummul mukminin Khadijah ra? Beliau tak hanya dikenal sebagai istri pertama Rasulullah, tetapi juga seorang wanita yang kaya dan sukses dalam bisnis, menjadi pendamping setia Rasulullah hingga akhir hayat dan merupakan wanita yang paling dicintai Rasulullah SAW. 

Buku ini mengupas sisi-sisi keunggulan seorang Khadijah yang membuatnya layak dicintai Rasulullah SAW dan diteladani oleh para muslimah. Bab 1 menceritakan Khadijah sebagai seorang sosok wanita kaya harta dan kaya ilmu namun sangat rendah hati. Ini terbukti saat beliau menolak pinangan para Quraisy terpandang dan lebih memilih untuk menikah dengan Rasulullah yang pada waktu itu adalah seorang pemuda sederhana namun sangat jujur dan amanah. Saat rumah tangga mereka berdua diuji, salah satunya saat terjadi embargo ekonomi yang dilancarkan oleh musuh-musuh Islam sehingga kaum muslimin kesulitan mengakses makanan dan obat-obatan, Khadijah rela menyumbangkan seluruh harta yang dimilikinya untuk menyokong dakwah Rasulullah dan untuk kepentingan kaum muslimin.


Bab berikutnya memaparkan kelebihan Khadijah sebagai seorang ibu yang baik terhadap anak-anaknya, tidak pernah memukul apalagi bicara kasar. Juga seorang ibu yang bijaksana. Ini terlihat saat beliau menyukai Abul 'Ash sebagai calon menantunya, beliau tetap bertanya kepada Rasulullah dan Zainab anaknya, beliau tidak ingin memaksakan kehendaknya.

Bab 3 menceritakan sisi positif Khadijah yang telah pun banyak diketahui yaitu sebagai motivator terbesar Rasulullah. Salah satunya adalah pada peristiwa turunnya wahyu pertama yang membuat Rasulullah gemetar ketakutan, ketika itu Khadijah-lah yang berada di sisinya dan menguatkan Rasulullah untuk menghadapi peristiwa penting tersebut. 

Bab selanjutnya pula menerangkan tentang kebiasaan Khadijah berbuat baik dan menyambung tali silaturahmi dengan orang-orang yang dicintai suaminya. Dan buku ini pun ditutup dengan perenungan terhadap keteladanan Khadijah.

Di dalam buku ini juga turut disertakan kisah-kisah inspiratif yang relevan dengan keteladanan-keteladanan Khadijah, ayat dan hadits yang berbicara tentang keutamaan istri shalihah termasuk hadits-hadits yang mengungkapkan tentang fakta akan Khadijah, serta tips-tips dalam berumah tangga khususnya bagi para istri.

Sedikit catatan untuk buku ini :
Pertama - bahwa kisah-kisah inspiratif yang mengiringi uraian tentang Khadijah pada setiap bab, menurut hemat saya lebih baik jika dibuat dalam satu bab tersendiri, karena meskipun maksud penempatan kisah pada setiap bab tersebut adalah untuk memberi contoh yang cocok dengan realitanya saat ini, namun penyusunan konteks uraian tentang Khadijah yang terhubung dengan kisah pengiringnya agak terasa kurang smooth dan estetis.

Kedua - terdapat beberapa repetisi uraian tentang Khadijah mulai dari prolog, isi hingga epilog. Mungkin, untuk buku dengan tebal diatas 200 halaman, repetisi seperti ini wajar-wajar saja dilakukan, dan dapat memperkuat ingatan pembaca. Tetapi untuk buku dengan ketebalan 93 halaman ini, pengulangan-pengulangan tersebut seakan mengesankan minimnya referensi, padahal menilik daftar pustakanya, referensinya cukup memadai. Setidaknya untuk buku dengan konten yang tergolong tipis ini.

Lewat buku ini, pembaca dapat mengenal lebih jauh sosok Khadijah ra sebagai wanita yang istimewa di mata Rasulullah SAW, dan mudah-mudahan dapat terinspirasi karakter positif Khadijah dalam menciptakan keluarga yang samara.

Judul    :    Agar Dicintai Suami Layaknya Sayyida Khadijah
Penulis :    Vina Sjarif dan Mugniar
Penerbit :  Qibla
Tahun    :  2013
Hal       :  93 hal

7 comments:

  1. Saya jadi ingin beli buku ini. Jujur saya ingin sekali mendengar cerita tentang Sayyida Khadijah. Saya penasaran, mengapa pada saat beliau meninggal, Rasulullah sangaat kehilangan, sehingga tahun itu disebut sebagai tahun berkabung. Saya ingin meneladani sifat beliau :)

    ReplyDelete
  2. Oh, buku ini tipis ya.
    Kalau menilik uraian di atas, sebenarnya buku menarik, barangkali perlu pengembangan lagi saja ya, Mbak. Eksplor lagi dari referensinya.

    Resensinya informatif dan saya rasa masukannya bermanfaat untuk penulis.

    ReplyDelete
  3. Kak Lyta...aku jadi malu blm mengenal Sayyida Khadijah dengan baik. Resensi buku ini pernah kubaca di BAW, bukunya tipis ya,jadi penasaran pengen baca bukunya. Aku udah baca resensi lainnya yp baru kali ini bisa ninggalin jejak.. Ikutan belajar yaaa.. Tagg me always..

    ReplyDelete
  4. 93 halaman, memang lumayan tipis ya.

    ReplyDelete
  5. Riski : iya, meski tipis, buku ini cukup informatif ttg sosok sayyida Khadijah :)

    ReplyDelete
  6. Melani & mbak Eky : iya bener, kalo referensinya lebih banyak, sepertinya masih bisa dieksplore

    Yunita : Sama, selama ini saya juga mengenal sosok beliau sebatas informasi umum saja, baca buku ini baru tahu sisi lain beliau sebagai ibu, pengorbanannya, dll

    ReplyDelete
  7. Makasih ya Mbak Lyta ..... menjadi masukan yang berarti ..... kami harus lebih memperhatikan lagi ttg repetisi dan saran2 lainnya :)

    ReplyDelete