Riawani Elyta: Resensi Piece of Mind : Rahasia Kekuatan Pikiran Bawah Sadar

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Friday, 3 October 2014

Resensi Piece of Mind : Rahasia Kekuatan Pikiran Bawah Sadar



Nama Sandy MacGregor sudah cukup familier sejak saya masih duduk di bangku kuliah. Tapi baru sekarang, saya membaca  bukunya yang berjudul Piece of Mind. 

Buku ini adalah hasil penelitian dan pengalaman Sandy dalam menggunakan kekuatan pikiran alam bawah sadar.

Menurut Sandy, bahwa pikiran bawah sadar mengambil 88% bagian dari keseluruhan pikiran manusia.


Bab awal dibuka dengan satu fakta luka tentang Sandy, dimana ketiga putrinya tewas ditembak oleh seorang pria tak dikenal. Peristiwa ini tentunya menjadi sebuah duka terdalam dan kenangan terburuk bagi siapapun yang mengalaminya, namun Sandy berhasil mengatasinya setelah mengoptimalkan kekuatan pikiran bawah sadarnya. Kesadaran akan kekuatan diri ini juga didapat Sandy dari pengalaman putranya Andrew yang menderita asma dan mengalami kecelakaan yang membuat tulang kakinya nyaris hancur, namun Andrew berhasil sembuh dengan menggunakan therapy kekuatan pikiran.

Saya mungkin tidak akan mengulas keseluruhan isi buku, melainkan mencoba mengambil intisarinya dari apa yang saya pahami. Pertama, bahwa adalah penting bagi kita untuk mensugesti diri secara positif untuk membangun kekuatan dari dalam diri. Seperti yang dikatakan Sandy, bahwa self-talk dengan mengatakan hal-hal yang positif kepada diri kita, adalah hal penting yang harus dilakukan dalam membangun kekuatan pikiran.

Selanjutnya, Sandy mengajarkan beberapa langkah untuk menemukan apa yang dikatakannya sebagai Tempat Kedamaian. Ini adalah sebuah proses relaksasi agar seseorang bisa dengan cepat melupakan permasalahan. Sandy juga membagi tips-tips visualisasi pikiran untuk membantu mengurangi rasa sakit, upaya melangsingkan tubuh, menghadapi stress kala ujian, dan lain-lain.

Jika seluruh isi buku ini diperas hingga menjadi satu paragraph, maka saya akan menyebutnya sebagai : bahwa cara mengaktifkan kekuatan pikiran bawah sadar adalah melalui sugesti positif pada diri disertai relaksasi secara regular. Dalam jangka panjang, kekuatan pikiran bawah sadar dapat membantu seseorang mengubah kebiasaan buruk, mengurangi stress dan meningkatkan rasa percaya diri.

Buku ini juga diselingi dengan gambar-gambar karikatur yang menunjukkan skema atau bagan dari penjelasan pada bab tersebut. Hanya sayangnya, buku ini tidak sedikit pun menyinggung relevansi antara pengoptimalan kekuatan pikiran bawah sadar ini dengan spiritualitas yang bersumber dari Tuhan. Padahal, bagi orang beragama, ibadah juga bisa menjadi sarana untuk melakukan relaksasi atau penemuan Tempat Kedamaian seperti yang disebutkan berulang-ulang di dalam buku ini.

Secara keseluruhan, buku ini direkomendasikan kepada siapa saja khususnya pembaca dewasa yang selama ini mungkin tak pernah menyadari akan manfaat kekuatan bawah sadar terhadap pengembangan diri, serta bagaimana melatih dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Judul               :           Piece of Mind
Penulis             :           Sandy MacGregor
Penerbit           :           Gramedia Pustaka Utama
Terbit               :           Februari 2001
Hal                  :           243 hal

No comments:

Post a Comment