Riawani Elyta: Resensi Buku 30 Minutes to Make the Right Decision : Step by Step Pengambilan Keputusan yang Tepat

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Monday, 13 October 2014

Resensi Buku 30 Minutes to Make the Right Decision : Step by Step Pengambilan Keputusan yang Tepat



30 minutes to make the right decision. Judul yang cukup “eye-catching” ya? Kalau dimaknai, berarti dengan membaca buku ini dan mempraktekkan isinya, kita bisa membuat keputusan penting hanya dalam waktu 30 menit. Namun apa benar demikian? Yuk kita simak poin-poin isinya.

Penulis membuka suguhan dengan menguraikan tentang arti dan pentingnya pengambilan keputusan. Di sini, kita akan menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan seperti : Apa itu keputusan? Siapa yang mengambil keputusan? Mengapa keputusan penting? Dan seberapa efektifkah keputusan yang sudah kita ambil?


Satu hal unik disini, pada bagian akhir bab, terdapat sebuah tabel yang harus kita isi, untuk mengidentifikasi cara-cara efektif dalam pengambilan keputusan yang akan diuraikan pada bab-bab berikutnya. Jadi ketika kita lebih banyak menjawab A, maka penulis menganjurkan kita untuk focus pada pembahasan bab 2, dan seterusnya.

Bab 2 menerangkan tentang pelbagai gaya dalam pengambilan keputusan. Di sini, penulis mendasarkan uraiannya pada teori MacGregor, bahwa terdapat dua kelompok asumsi yang berlawanan tentang bagaimana menilai orang-orang, yang kemudian disebut sebagai teori X dan teori Y. Seseorang harus terlebih dulu mengetahui dirinya berada pada kecenderungan mana sebelum menentukan pendekatan yang tepat dalam proses pengambilan keputusan. Apakah pendekatan otoriter ataupun demokratis. Namun pendekatan yang tak boleh diabaikan adalah pendekatan berpikir dan intuitif. Karena keputusan yang baik umumnya dihasilkan oleh proses berpikir analitis yang jernih dengan didukung oleh ketajaman intuisi berdasarkan pengalaman masa lampau.

Bab 3 berisi langkah-langkah penting dalam pengambilan keputusan, dilanjutkan dengan pembahasan pada bab 4 tentang identifikasi pilihan alternative, serta ditutup dengan bab 5 yang menguraikan tentang bagaimana memilih diantara pilihan-pilihan yang ada, termasuk didalamnya melakukan evaluasi dan memonitor implementasi dari hasil pengambilan keputusan.

Jika menelaah satu per satu isi buku ini, jelas, asumsi sementara terhadap judul seperti yang disebutkan pada paragraph pertama, sama sekali tidak tepat. Karena sebelum sampai pada pengambilan keputusan, seseorang harus terlebih dulu melewati serangkaian proses yang tidak ringan dan melibatkan orang lain. Dan tentu saja, semua proses itu tidak mungkin dilakukan dalam waktu 30 menit. Jadi, sepertinya relevansi yang lebih pas, adalah bahwa buku ini memberikan panduan tentang pengambilan keputusan yang bisa tuntas dibaca dalam waktu tak lebih dari 30 menit. Dan saya telah membuktikannya. Dengan tebal buku yang hanya 86 halaman dan isi yang straight to the point, saya memang menyelesaikan membacanya dalam waktu kurang dari 30 menit. Tetapi untuk mempraktekkan isinya, sepertinya saya butuh waktu dalam hitungan hari atau bahkan minggu.

Konten buku ini memang lebih pas ditujukan untuk para pekerja pada level pengambilan keputusan yang didalamnya terdapat tim sebagai pelaksana keputusan. Untuk sebuah buku panduan atau “how to”, konten buku ini relative mudah dipahami dan diaplikasikan. Hanya saja, dengan terbatasnya jumlah halaman, pembaca kurang memperoleh gambaran real tentang contoh-contoh kasus dari setiap prosesnya yang memang kapasitasnya sangat minim. Mungkin, untuk memenuhi “target” agar pembaca dapat menyelesaikan isi buku ini dalam waktu 30 menit, hanya terdapat satu contoh kasus yang disajikan. Jadi memang membutuhkan implementasi langsung di lapangan untuk membuktikan tepat/tidaknya dan ampuh/tidaknya petunjuk-petunjuk yang sudah terurai gamblang di dalam buku ini.

Judul               :           30 minutes to make the right decision
Penulis             :           Jane Smith
Penerbit           :           Elex Media
Tahun              :           2002
Hal                  :           86 hal

No comments:

Post a Comment