Riawani Elyta: Resensi Banjir Harta dengan Ajaibnya Shalat Hajat, Dhuha dan Tahajjud + Ajaibnya Bangun Pagi : Buku Bermanfaat yang (sedikit) Membingungkan

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Saturday, 11 October 2014

Resensi Banjir Harta dengan Ajaibnya Shalat Hajat, Dhuha dan Tahajjud + Ajaibnya Bangun Pagi : Buku Bermanfaat yang (sedikit) Membingungkan

Saat memutuskan untuk membawa buku ini ke kasir, jujur saja, saya tidak melakukan banyak pertimbangan. Pikir saya, karena bahasannya tentang fiqih ibadah, tentunya nggak bakal jauh beda antara satu buku dengan yang lain, apalagi, cover buku ini (berikut judulnya) juga sangat eye-catching.

Ya. Dengan tampilan luarnya yang berwarna kuning terang, tulisan judul yang cetak timbul, judul yang terkesan 'wow', ditambah lagi beberapa stempel seperti 'best seller', 'bonus doa', 'bukti ilmiah dan empiris', semakin menguatkan keyakinan saya untuk membawa buku ini pulang.

Namun saat membuka lembar awalnya, kebingungan saya pun mulai mencuat. Dimulai dari identitas buku, disitu tercantum, cetakan kedua, Maret 2013. Lha, jadinya buku ini baru cetakan kedua? Tapi kok udah distempel best seller? Oke deh, saya husnuzhon saja, barangkali, cetakan pertamanya langsung dicetak 10.000 eksemplar, ataupun buku ini langsung terjual habis tak lama setelah cetakan pertamanya diedarkan. :D


Mata saya lalu berpindah ke daftar isi. Dan kening saya pun berkerut lagi. Disitu tertulis judul untuk masing-masing bagian : "Shalat Hajat Khusus untuk Para Pebisnis", "Shalat Dhuha Khusus Para Pebisnis Biar Makin Kaya", "Shalat Tahajud Khusus Para Pebisnis Biar makin Bahagia".

Jadi buku ini segmennya untuk para pebisnis, tho? Kok nggak ditulis di sampul? Apa maksudnya supaya pembelinya bisa mencakup semua kalangan kali ya? Tetapi, kok ya tetep aja bagi saya terasa ada yang ganjel ya. Yuk simak satu aja judulnya : Shalat Hajat Khusus untuk Para Pebisnis. So, shalat hajat itu ada beberapa versi gitu ya? Ada yang khusus untuk pebisnis, untuk pegawai, untuk ibu rumah tangga, dst?

Saya abaikan kebingungan saya, dan mulai membaca lembar demi lembar. Pada bagian 1 yang khusus membahas tentang Shalat Hajat, bab 1 menjelaskan tentang tata cara shalat hajat, anjuran Rasulullah untuk menunaikan shalat hajat, dan manfaat shalat hajat untuk membuat keinginan menjadi kenyataan.

Bab 2 yang berjudul Shalat Hajat untuk Pebisnis, menerangkan tentang kegunaan shalat hajat untuk mengubah takdir bisnis, mewaspadai godaan harta, dan kisah-kisah keajaiban shalat hajat. 

Bagian 2 yang membahas tentang Shalat Dhuha, urutan bab dan jenis bahasannya tidak jauh berbeda dengan bagian Shalat Hajat, sedangkan pada Bagian 3 tentang Shalat Tahajud, pembahasannya sedikit lebih banyak, diantaranya tentang bagaimana menggapai kesuksesan lewat shalat tahajud, meraih kecerdasan ESQ dan kesuksesan bisnis dengan shalat tahajud, dan seterusnya.

Dari pembahasan-pembahasan ini, sebenarnya kaidah yang diterangkan adalah ibadah sesuai fiqihnya, seperti berapa jumlah rakaat shalatnya, waktu untuk mengerjakan shalat, dan aturan-aturan yang melandasinya. Begitu pun keutamaan untuk masing-masing shalat, adalah keutamaan yang bersifat general, berlaku untuk semua umat muslim yang menunaikannya. Jadi sedikit disayangkan saat melabelinya khusus untuk pebisnis.

Selain itu, dengan "modal" judul-judul sub bab yang cukup 'wah', sedikit disayangkan karena tidak diimbangi dengan pembahasan yang tajam, fokus dan aplikatif. Ditambah dengan banyaknya kutipan dari sumber, membuat sisi orisinalitas penulisan buku ini pun terasa kurang bertaji.

Kebingungan saya ternyata belum berakhir. Karena bagian selanjutnya dari buku ini justru membahas tentang Keajaiban bangun pagi. Lha, apa relevansinya dengan shalat-shalat sunnah yang sudah dibahas sebelumnya itu ya? Pembahasannya pun mengalami perbedaan sudut pandang. Jika pada bab-bab sebelumnya murni berbicara dari sudut pandang fiqih ibadah, maka untuk bagian ini, sudut pandangnya adalah dari segi medis. Padahal, kalau mau dikaitkan dengan aturan Islami tentang menjaga kesehatan, bisa aja sih.

Buku ini pun ditutup dengan bonus doa-doa usai shalat untuk melimpahkan rezeki, seperti doa agar dagangan laris, agar terhindar dari utang, agar diberi kekayaan dan sebagainya. Terlepas dari hal-hal yang (menurut saya) membingungkan diatas, buku ini tetaplah mengandung info-info bermanfaat seputar ibadah shalat-shalat sunnah yang utama tersebut. Tentang yang bangun pagi itu, yah anggap sajalah sebagai bab bonus, yang menyuguhkan info-info bermanfaat pada para pembacanya tentang hal-hal positif seputar bangun pagi :)

Judul         :  Banjir Harta dengan Ajaibnya Shalat Hajat, Dhuha dan Tahajjud + Ajaibnya Bangun Pagi
Penulis          :  Iqra al Firdaus dan Aep S. Hamidin
Penerbit        :  Diva Press
Tahun           :   2013
Hal              :   360 hal     

2 comments:

  1. Kadang saya suka bingung kalau sudah di toko buku, mesti selektif lagi

    ReplyDelete
  2. Justru buku2 yang kayak gini yang laris, mba. hihi. bikin orang penasaran pengin tahu isinya. walo akhirnya kadang isi kurang sesuai dengan judul :D

    ReplyDelete