Riawani Elyta: Resensi Buku Mencicipi Kesuksesan Amanda : Kupas Tuntas Rahasia Dapur Brokus Paling Top di Indonesia

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Friday, 26 September 2014

Resensi Buku Mencicipi Kesuksesan Amanda : Kupas Tuntas Rahasia Dapur Brokus Paling Top di Indonesia



Awalnya saya membeli buku ini untuk keperluan riset novel. Tapi setelah membaca seluruh isinya, jujur, saya merasa beruntung banget beli buku ini. Dengan harga obral yang hanya Rp.12.000,-, buku ini tak hanya membeberkan rahasia kesuksesan bisnis Amanda, tetapi juga bertabur tips-tips inspiratif dan aplikatif tentang bisnis kuliner.

Saat menyebut brownies, sulit rasanya untuk tidak spontan mengingat nama Amanda. Siapa sangka, kalau brownis kukus Amanda ini awalnya berasal dari modifikasi resep bolu kukus coklat? Nah, dari segi penamaan ini saja sudah terbukti kejelian pengusaha Amanda, dimana produknya tidak dinamai “bolu kukus brownies” melainkan “brownies kukus”, yang tentu saja lebih memancing rasa penasaran pelanggan akan taste dari brownies yang dikukus.


Amanda merupakan bisnis keluarga yang kini dikelola oleh Joko Ervianto. Di awal bab, Joko membagi tips akan pegangannya dalam menjalankan bisnis ini, diantaranya mengerjakan sebaik mungkin, memiliki semangat kompetisi, memegang teguh prinsip mutu, dan buat sesuatu yang baru. Joko juga menceritakan kisah awal membuka usaha brownies Amanda serta jatuh bangun yang dialaminya. Dalam perjalanannya, kios Amanda pernah ludes terbakar, dan banyaknya calo pengecer yang menjual brownies Amanda meski telah melewati batas kedaluarsa. Tak sedikit pula keluhan tertulis yang disampaikan pelanggan kepada Amanda dan turut ditampilkan dalam buku ini. Namun hal ini tak menggoyahkan semangat keluarga ini untuk tetap melanjutkan usahanya.

Pada bab selanjutnya, Joko memberi tips untuk mengembangkan gagasan menjadi bisnis, diantaranya dengan mempelajari seluk beluk bisnis, lakukan uji coba dengan tes pasar, membuat rencana usaha, strategi promosi, dan sebagainya. Turut dibeberkan pula tips memulai bisnis dengan modal kecil, step by step pengembangan bisnis Amanda mulai dari mendapatkan ide dan gagasan hingga menjadi Amanda yang kita kenal sekarang ini, estimasi modal dan profit, resep dasar brokus, rahasia bisnis kue yang baik dan tips agar brownies awet. Berhubung salah satu kelebihan Amanda adalah pada brand-nya yang kokoh, buku ini juga menyertakan tips membentuk brand yang dapat memberi impresi serta berdampak positif pada penjualan.

Kalau pun terdapat kekurangan pada buku ini, adalah terjadi pengulangan cetak pada beberapa lembar isi buku, dan tips-tips yang diberikan sedikit  “bertaburan”. Kurang runut dan terstruktur.

Buku ini sangat direkomendasikan buat siapa saja yang ingin menjadi pebisnis kuliner. Karena tak hanya membeberkan rahasia dapur dibalik kesuksesan Amanda, tetapi juga membagi banyak tips bermanfaat dan aplikatif, yang dapat memotivasi keyakinan untuk terjun ke bisnis kuliner. Dan bagi yang sudah merintisnya, dapat memetik inspirasi tentang bagaimana menjalani bisnis mulai dari nol, melalui segala suka dukanya degan komitmen pantang mundur hingga menjadi sebuah bisnis yang besar dan sukses.

Sebagai penutup, saya kutip sebuah quote inspiratif dari buku ini :
"Bagi entrepreneur sejati, kegagalan bukan hal yang aneh. Kegagalan hanya teman mampir yang mengajak berdiskusi kembali ke depan untuk melihat sesuatu yang baru. Jika memandang kegagalan sebagai awal, mungkin dialah batu loncatan untuk memperbarui kinerja bisnis kita di masa mendatang."

Oh ya, hampir kelupaan, cover buku ini juga sangat eye-catching dan menyelerakan, sesuai judulnya, rasanya pingin langsung mencicipi (kesuksesan) Amanda, hehe.

Judul       :               Mencicipi Kesuksesan Amanda
Penulis    :               Indari Mastuti dan Agustin Rozalena
Penerbit  :               Kaifa Entrepreneurship
Tebal      :               240 hal
Terbit      :               2010



No comments:

Post a Comment