Riawani Elyta: Nulis kagak maju-maju? Trus, harus ngapain dong?

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Saturday, 20 September 2014

Nulis kagak maju-maju? Trus, harus ngapain dong?

Udah lama juga nggak curhat di blog. Soalnya kadang bingung juga nyari topik buat dicurhatin. Kalo isinya keluhan doank, ya what for?

Jadi, kali ini saya hanya mau cerita kalo saya lagi mandeg buat nulis. Tiap kali buka laptop dan coba ngelanjutin draft novel, baru 1-2 halaman udah stuck. Besoknya buka lagi, ya begitu lagi. Walhasil nggak maju-maju deh :)

Saya juga nggak ngerti kenapa. Apa karena capek karena baru aja nyelesain satu novel yang buat ukuran saya lumayan berat. Atau karena pikiran ini mulai terbelah bagi dengan hal-hal lain, ya tuntutan kerjaan, keluarga, dan lain-lain.

Akhirnya, daripada nggak ngapa-ngapain di depan laptop, ya saya update blog aja deh, walau isi postingannya nggak jauh-jauh seputar resensi dan resep. Nggak keren amat yak? hehe. Gak apa-apa deh, yang penting masih bisa berbagi. Dan dengan berbagi, walau yang dibagiin hanya sekadar info tentang buku atau resep sederhana, rasanya sudah bikin bahagia banget.

Lha, trus apa dong curhat positifnya?
Kamu yang hobi nulis, mungkin pernah juga ngerasa hal yang sama dengan saya. Biar udah fokus, tetep aja tulisan kita kagak ade maju-majunya. Kalo udah begini, jangan langsung putus asa ya teman. Mengalami kebuntuan itu hal biasa kok dalam menulis. Yang penting kita jangan sampe buntu juga dalam mencari solusinya biar jari dan otak kita bisa semangat menulis lagi.

Solusinya bisa macam-macam. Kenali dulu penyebabnya apa. Kalo capek, ya mungkin kamu emang lagi perlu istirahat. Kalo bosen, coba cari aktivitas lain yang gak kalah seru, or coba nulis sesuatu yang berbeda. Biasanya nulis fiksi, ganti dengan nulis artikel or resensi misalnya. Kalo gak kunjung dapet ide dan inspirasi, coba baca buku-buku baru, nonton film, jalan-jalan atau banyakin bergaul. Kalo penyebabnya karena motivasi lagi kendor, entah karena naskahmu ditolak mulu, atau baru kalah lomba, ya cari cara yang bisa bangkitkan motivasimu kembali. Dengan lebih mendekatkan diri pada Allah, baca buku-buku motivasi, or lakukan kontemplasi dengan merenungkan apa yang udah kamu lakukan dan pelajaran apa yang bisa kamu peroleh dari situ.

Ya pada intinya sih, kalo emang kita menginginkan sesuatu, insya Allah pasti ada seribu cara untuk medapatkannya, tapi kalo emang lagi nggak kepingin, yang keluar dari mulut kita pasti seribu dalih untuk enggak melakukannya.

Gitu aja deh curhat saya kali ini. Mudah-mudahan setelah curhat ini saya dan kamu bisa semangat nulis lagi, seperti semangatnya si Aline cewek bodyguard dalam novel Dear Bodyguard ini. Kamu ....udah punya novel ini belom? :)



2 comments:

  1. Mungkin perlu jalan-jalan ke Eropa dulu mbak Lyta, xixixiixii

    ReplyDelete