Riawani Elyta: Resensi novel Just Another Birthday : Just Sweet and Simple Story

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Sunday, 1 June 2014

Resensi novel Just Another Birthday : Just Sweet and Simple Story

18755841
Sinopsis :
Sarah, single mom dari satu anak TK yang kritis dan suka bertanya segala hal, mulai dari pertanyaan sederhana seperti—Kenapa kita ulang tahun cuma satu tahun sekali, Ma?—sampai pertanyaan yang tidak bisa dijawab macam, “Mama, di mana Papa?”

Pada usianya yang masih 20-an, Sarah belajar dengan cara sulit bahwa hidup ini tidak seindah dongeng. Tak ada yang namanya Prince Charming. Namun ketika bertemu dengan Jeremy, Sarah bertanya apakah mungkin harapan itu masih ada. Bersama Jeremy, Sarah berpikir segalanya mungkin hingga ayah dari putrinya kembali ke dalam hidupnya.

Ketika kebahagiaan nyaris dalam genggaman, Sarah dihadapkan pada batu ujian hidup... terutama ketika dia harus kehilangan orang terpenting dalam hidupnya.

==================================================================

Novel keempat dari penulis yang sama, juga dari genre yang sama, yang udah saya baca. Dan, dalam novel ini, Rina menunjukan kemajuan pesat dalam pengolahan kata dan cara bertutur. Pilihan kosakatanya lebih beragam, dituturkan dengan plot yang lincah, dialog yang terasa hidup, emosi cerita yang mengalir dalam nuansa lembut  dan latar  pekerjaan bidang properti yang terdeskripsikan dengan baik.

Sebenarnya, nggak ada yang terasa janggal sih dari novel ini, selain ceritanya yang mudah tertebak. Hanya saja, setelah beberapa kali membaca novel amore, dan rata-rata ciri-cirinya stereotype : drama cinta (kadang dramatis kadang mendekati realita, untuk yang ini, jenisnya adalah yang kedua), tokoh utama jelmaan Gary Shue dan Mary Shue (nyaris perfect, cakep, kalau pun ada kekurangan, enggak sampe mengaburkan keunggulannya), alur dan plot yang simple serta dikemas dengan manis, juga konflik yang tidak terlalu kompleks, membuat saya jadi berharap ada sesuatu yang "plus" deh dari lini amore ini. Entah itu pada konfliknya yang lebih heterogen, harmonisasinya yang lebih beragam, karakter tokoh yang enggak stereotype, dan lain-lain. 

Tapi, ya itu hanya sekadar harapan saya aja sih. Karena barangkali saja pola selera atas lini ini udah kadung membentuk stigma seperti ini : kalau yang simple and sweet masih disukai, kenapa harus repot bikin yang belibet dan kompleks? Hehe.

By the way, buat kamu yang suka bacaan typikal manis, ringan, nggak pake lama buat kelar bacanya, juga yang nggak perlu mikir rumit-rumit, serta ada quote-quote manisnya juga, novel ini bisa kamu jadikan pilihan pengisi waktu senggang.

Judul        :   Just Another Birthday
Penulis     :   Rina Suryakusuma
Penerbit   :   Gramedia Pustaka Utama
Tebal       :   248 hal
Tahun      :   2013



1 comment: