Riawani Elyta: Resensi Buku : Indahnya Tawakal : Sebuah Tuntunan Holistik untuk Meluruskan Pemaknaan Tawakal

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Saturday, 10 May 2014

Resensi Buku : Indahnya Tawakal : Sebuah Tuntunan Holistik untuk Meluruskan Pemaknaan Tawakal


Embedded image permalink


Resensi                       :
Tawakal merupakan satu dari sendi keimanan dan ketauhidan, juga memiliki relevansi erat dengan kebahagiaan dunia dan akhirat, oleh karenanya, adalah penting bagi umat muslim untuk memiliki pemahaman yang benar tentang tawakal.


Buku ini mengupas tuntas tentang tawakal, mulai dari makna dan hakikat, kedudukannya, kondisi yang diperintahkan untuk tawakal, derajat tawakal yang dimiliki manusia, keutamaan tawakal, relevansi antara tawakal dengan usaha, qadha, keberhasilan, doa dan karamah, energi tawakal, kiat mendapatkan kenikmatan tawakal, hal-hal yang merusak tawakal dan kisah-kisah para mutawakkilin.

Banyak orang mungkin telah memahami makna tawakal kepada Allah, yaitu menjadikan Allah sebagai wakil dalam segala urusan, dan mengandalkan Allah dalam menyelesaikan segala urusan, tetapi dalam realitanya, masih banyak umat manusia yang meletakkan tawakalnya kepada selain Allah (hal. 16). Padahal, secara hukum, tawakal kepada Allah adalah wajib, yang ditunjukkan oleh berbagai dalil dalam Al-Quran (hal. 22), merupakan separuh dari agama dan tanda keimanan seseorang terhadap Allah (hal.30).

Salah satu bahasan yang menarik, adalah tentang derajat manusia dalam bertawakal, di mana terdapat enam derajat, dan derajat tertinggi dimiliki oleh para auliya’ shalihin, yaitu manusia yang menekankan tawakal kepada Allah dalam memperjuangkan kebenaran Islam dan mengalahkan musuh-musuh Allah. Namun pada kenyataannya, sebagian besar manusia masih berada pada derajat ketiga, yaitu tawakal kepada Allah dalam mendapatkan urusan dunia, dan lupa bertawakal dalam urusan ibadah dan akhirat (hal.49).

Maka, dalam upaya untuk menaikkan derajat tawakal, buku ini juga turut mengupas tentang keutamaan tawakal, di mana keutamaan yang tertinggi adalah mengantarkan seseorang untuk masuk surga tanpa hisab dan azab. Buku ini juga membantu memperkuat pemahaman pembaca tentang tawakal saat mengaitkannya dengan doa, usaha, keberhasilan, takdir dan karamah, bagaimana meraih kenikmatan dari tawakal dan menghindari hal-hal yang dapat merusak tawakal.

Dalam hubungan antara tawakal dan keberhasilan, terkadang muncul pertanyaan, mengapa manusia yang sepertinya telah memiliki derajat tawakal yang baik, namun tetap belum dianugerahi keberhasilan yang dicita-citakan? Maka terkait hal ini, juga diterangkan tentang pentingnya berprasangka baik kepada Allah, bahwa dibalik kegagalan tersebut, pasti ada hikmah dari Allah yang boleh jadi jauh lebih berharga dari keberhasilan yang diharapkan.

Meski pun dituturkan dengan bahasa dan penyajian yang textbook, kemasan yang mungil, namun konten buku ini relatif mudah dipahami, lengkap, dan dapat dijadikan panduan untuk para pembaca baik pembaca umum maupun para pendakwah, untuk dapat membangun pemahaman yang tepat tentang tawakal dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.


Judul                          :            Indahnya Tawakal

Penulis                        :            Dr.H.Muh. Mu’inudinillah Basri, Lc.,M.A

Penerbit                      :            Indiva Media Kreasi

Tebal                          :            144 hal

Jenis                           :            Non Fiksi

Terbit                          :            Juli 2008

ISBN                          :            978791746182









No comments:

Post a Comment