Riawani Elyta: Resensi Buku : Gue Bisa Jadi Yang Gue Mau

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Friday, 9 May 2014

Resensi Buku : Gue Bisa Jadi Yang Gue Mau

Gue Bisa Jadi Yang Gue Mau
Ini menjadi buku pengembangan dan motivasi diri ke-3 terbitan Indiva, yang saya baca minggu ini. Dan saat menuntaskan buku ini, semestinya buku inilah yang berada di urutan pertama bacaan saya, baru kemudian Find Your Potency (FYP) dan terakhir Ya Aku Bisa! Juara Sepanjang Masa (YAB!JSM).


Pertama, karena dibanding kedua buku di atas, buku ini adalah yang duluan terbit, dan secara konten pula, bahasannya memang lebih general dan baru menyentuh tatanan basic ketimbang buku FYP dan YAB!JSM yang lebih spesifik.

Buku ini dibuka dengan bab (atau di dalam buku disebut penulis dengan bagian) tentang pengenalan diri, yaitu melalui pengenalan terhadap tiga aspek kehidupan manusia menurut Ludwig Klages : materi, struktur dan kualitas atau sifat. Aspek materi meliputi ingatan atau kenangan dan daya atau cara. Struktur kepribadian dibagi atas temperamen, perasaan dan daya ekspresi, sedangkan kualitas kepribadian dapat dilihat dari tiga kategori : penguasaan diri, nafsu rohaniah dan hawa nafsu.

Pada bab selanjutnya diuraikan tentang jurus-jurus ampuh untuk menuju kesuksesan, yang dibagi penulis dalam jurus Fight to Flight, Jurus Langkah Seribu dan Jurus MHMMD. Bab ini diperkuat dengan bahasan pada bab berikutnya yaitu tentang rahasia kesuksesan, bagaimana membangun persepsi positif pada bab Gue Bisa, dan diakhiri dengan Bab berisi kisah napak tilas beberapa tokoh dalam mencapai kesuksesannya, diantaranya Helvy Tiana Rosa, Garin Nugroho dan Aa Gym.

Sebagai sebuah buku yang dari kemasan dan konten, lebih cocok ditujukan untuk kalangan pembaca muda dan remaja, terdapat beberapa bagian uraian yang porsinya masih minim dan penggunaan bahasa yang kurang lentur dalam mengkomunikasikan makna tekstual kepada pembaca. Contohnya saja ketika penulis menjelaskan makna “Aku” sebagai “Aku Umum” dan “Aku Pribadi”, masih belum tergambar secara komplit dan gamblang mengapa nafsu rohani dan keinsyafan digolongkan sebagai “Aku Umum”, dan hawa nafsu serta egoisme digolongkan sebagai “Aku Pribadi”. Jika kedua jenis “Aku” ini tujuannya untuk menjelaskan sesuatu yang positif dan negatif pada diri manusia, mungkin akan lebih mudah jika langsung saja menyebutnya sebagai “Aku Positif” dan “Aku Negatif”. Juga tidak ada penjelasan khusus akan dasar teori ini, apakah merupakan konklusi dan penafsiran penulis sendiri terhadap beberapa referensi ataukah memang didasarkan pada teori ahli.

Pada bab yang membahas jurus-jurus ampuh, antara jurus yang satu dengan yang lain, terutama jurus Langkah Seribu dan Jurus MHMMD, sepertinya hanya merupakan repetisi meski bersumber dari referensi yang berbeda. Dalam Jurus Langkah Seribu, dipaparkan lima langkah meraih masa depan yang cemerlang, yaitu niat, persiapan, referensi, mengikuti pelatihan dan praktekkan. Sementara dalam Jurus MHMMD (Mengelola Hidup dan Merancang Masa Depan), dipaparkan tahapan berupa penetapan tujuan, rencana dan proses pencapaian.

Repetisi kembali terjadi pada bab berikutnya berjudul Gue Bisa, di mana masing-masing sub bab, jika disimpulkan, sebenarnya adalah merupakan pemecahan dari satu tema pokok yaitu membentuk persepsi positif. Bahkan dari judul-judul sub babnya saja sudah menggambarkan pengulangan tersebut : “Berpikir Bahwa Gue Bisa”, “Tidak Pernah Berpikir ‘Gue Gagal”, “Apa yang ada dalam pikiranku ‘Itulah Gue”, dan seterusnya.

Penyebutan yang inkonsisten terhadap penomoran pada tahapan yang sama juga membuat konten buku ini sedikit membingungkan. Misalnya saja, di awal menggunakan sebutan “pertama”,  tapi yang seterusnya menggunakan “langkah kedua”, selanjutnya lagi menggunakan penomoran “a,b, c”.

Terlepas dari hal-hal di atas, buku ini bisa menjadi pengisi waktu senggang sebagai bacaan yang bermanfaat, kontennya juga masih relevan dengan kekinian, dan ukurannya yang mungil membuatnya mudah untuk dibawa bepergian.

 

Judul        :            Gue Bisa Jadi Yang Gue Mau
Penulis     :            A. Adenata
Penerbit   :            Indiva Media Kreasi
Tebal       :            160 hal
Jenis        :            Non Fiksi
Terbit       :            November 2007
ISBN        :            978791397162







No comments:

Post a Comment