Riawani Elyta: Resensi Buku Find Your Potency : Tuntunan untuk Melesatkan Potensi Diri

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Wednesday, 7 May 2014

Resensi Buku Find Your Potency : Tuntunan untuk Melesatkan Potensi Diri


18523122


Resensi       :
Sesuai judulnya, dan seperti buku pengembangan potensi diri pada umumnya, buku ini memaparkan tentang tips-tips menggali potensi diri untuk meraih pencapaian yang maksimal dunia dan akhirat.

Ada empat belas tips yang dipaparkan di dalam buku ini, diantaranya diberi judul yang cukup “nyeleneh”, seperti Kerjakan Kesalahan, Maksimalkan Kegagalan, Menjadi Terkenal, juga Jadilah Orang Gila.


Namun dalam pembahasannya, kontennya tidaklah “segila” judulnya. Contohnya saja dalam bab yang berjudul Kerjakan Kesalahan, penulis menekankan kepada pembaca agar tidak takut salah, tidak takut dicela atau dianggap bodoh saat memulai sesuatu. Justru akan lebih buruk, jika kita takut melakukan sesuatu karena takut terhadap penilaian orang lain.

Pada bab tentang Maksimalkan Kegagalan pula, penulis berusaha menyemangati para pembaca untuk menjadi manusia yang pantang menyerah, meski setiap usaha yang dilakukan selalu dihadang oleh kegagalan demi kegagalan.

Sedangkan pada bab yang berjudul Jadilah Orang Gila, apa yang sesungguhnya hendak disampaikan oleh penulis adalah, bahwa seseorang harus meyakini dengan sungguh-sungguh kebenaran yang diyakini, cita-cita dan ambisi, lalu melakukan langkah demi langkah dengan pasti tanpa peduli komentar orang (hal. 133). Di sini penulis memberikan beberapa contoh “gila”, diantaranya tentang Richard Fluker yang berhenti bekerja dari pabrik dan memutuskan untuk beternak jangkrik. Waktu itu, orang-orang menganggap keputusannya gila, tetapi Richard berhasil menjadikan perusahaannya sebagai penyedia produsen serangga terbesar di dunia.

Buku ini dituturkan dengan diksi yang bersemangat dan bertenaga, namun dalam pengaplikasiannya, tentunya pembaca juga harus menyesuaikan dengan karakter yang dimiliki. Karena rata-rata tips di sini memang menuntun pembacanya untuk menjadi pribadi yang berani, berani membuat keputusan, berani bertindak, dan berani tampil. Sementara untuk sebagian pembaca yang cenderung berkepribadian tertutup dan introvert, mungkin, keberanian untuk “menampilkan diri” adalah sesuatu yang cukup sulit dilakukan, dan bagi mereka, lebih baik untuk menjadi seseorang yang bergerak aktif di belakang layar ketimbang mengekspos diri di depan publik.

Buku ini cocok dibaca oleh kalangan remaja maupun dewasa. Khususnya bagi anda yang masih ragu-ragu untuk melangkah dan memancang cita-cita setinggi langit, atau yang masih merasa belum berhasil memaksimalkan pencapaian diri. Buku ini akan membantu anda untuk mengakumulasi dan melesatkan keyakinan dalam diri anda, serta memberi tuntunan praktis yang dapat anda terapkan untuk meraih pencapaian yang anda inginkan.


Judul                          :            Find Your Potency
Penulis                        :            Fadlan Al Ikhwani
Penerbit                      :            Indiva Media Kreasi
Tebal                          :            144 hal
Jenis                           :            Non Fiksi
Terbit                          :            Juni 2010
ISBN                          :            9786028277310






No comments:

Post a Comment