Riawani Elyta: Training Jurnalistik di PT. Tunas Karya, Batamindo, 20 April 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Wednesday, 23 April 2014

Training Jurnalistik di PT. Tunas Karya, Batamindo, 20 April 2014






“Materinya nanti, kira-kira tentang reportase murni atau reportase yang humanistik, Mas?”
“Reportase yang humanistik, mbak.”

Ini sepenggal obrolan saya dengan mas Dudy, karyawan PT. Tunas Karya sekaligus pengelola tabloid Etos, beberapa hari menjelang pelaksanaan training jurnalistik di PT. Tunas Karya, Batamindo.

Maka, pada hari Minggu kemarin, tepatnya tanggal 20 April, dengan ditemani suami, saya menuju Batam dengan ferry Marina. Sedikit telat, sesampai di Punggur, kami dijemput oleh mas Dudy, dan langsung menuju lokasi Batamindo di kawasan Muka Kuning.

Di sana, sahabat FB saya yang juga aktivis FLP Batam, Lina Sasmita ternyata sudah tiba, ditemani Ratih, yang juga anggota FLP dari Yogyakarta.

Acara kemudian dimulai sekitar pukul 10.00 wib, bertempat di ruang pertemuan PT. Tunas Karya. Saya lupa menghitung berapa peserta yang hadir, tetapi, sependek pengalaman saya mengisi acara kepenulisan, ini adalah acara dengan peserta paling heboh dan interaktif. Dari dandanannya saja sudah lumayan heboh, ada yang rambutnya dicat pirang, ada juga yang gimbal seperti Bob Marley, namun yang paling berkesan adalah, suasana humor dan akrab yang dibangun oleh peserta, yang dengan sendirinya, bikin semangat dan rasa kenyamanan saya  juga bertambah.

Yup, secara pribadi, saya memang lebih menyukai suasana training yang interaktif ketimbang yang pasif, dimana peserta hanya diam mendengarkan, terkantuk-kantuk, atau satu-dua mulai gelisah dan bolak-balik keluar ruangan.

Kali ini, saya memberi materi tentang Feature. Bagi saya, feature  adalah jenis tulisan yang menarik. Karena merupakan perpaduan antara peliputan (reportase) dan penceritaan. Di dalam feature terdapat unsur humanistik, jadi seorang penulis feature,  dituntut untuk mampu membangkitkan sisi human interest pembaca, baik itu dalam bentuk menghibur, menginformasikan, menggugah, menginspirasi, menyentuh, dan sebagainya. Itu sebabnya, materi ini, saya beri judul : ‘Feature, reportase yang “bernyawa”.

Saya mengisi materi sampai dengan waktu ishoma, dilanjutkan dengan latihan menulis feature oleh peserta. Sejak awal pembicaraan, saya memang menginginkan short training ini ditutup dengan praktek langsung, sehingga dapat diketahui sejauh mana peserta mampu menyerap dan mengaplikasikan teori yang mereka peroleh, juga sejauh mana kapabilitas peserta dalam menulis feature. Karena nantinya, output dari training ini, diharapkan semua peserta bisa berkontribusi dalam mendokumentasikan kegiatan di unit masing-masing pada tabloid Etos yang terbit per 2 bulan.

Sebagai tambahan informasi, terdapat cukup banyak unit kegiatan di bawah Community Development PT. Tunas Karya, diantaranya kegiatan Pramuka, fotografi, bahasa Inggris, PMI, dan lain-lain. Dan semua unit aktivitas juga mempunyai agenda rutin setiap tahun, yang tentunya sayang sekali jika tidak didokumentasikan dalam bentuk tulisan feature di tabloid. Meskipun pada awalnya tabloid ini baru terbatas untuk kalangan internal PT. Tunas Karya, tidak menutup kemungkinan, ke depan akan melahirkan para penulis feature yang turut berkontribusi pada media-media cetak baik lokal maupun nasional.

Saat sessi latihan berlangsung, di luar dugaan saya, peserta ternyata masih antusias, dan dalam tempo sejam yang diberikan, rata-rata mampu menulis feature, minimal memenuhi standar, bahkan ada yang bisa menulis sampai berlembar-lembar.

Acara hari itu pun ditutup dengan memberi reward hiburan kepada enam feature terbaik dan...foto-foto!


Terima kasih saya ucapkan kepada pihak PT. Tunas Karya yang sudah berkenan mengundang, kepada Lina Sasmita yang udah merekomendasikan pada panitia, dan tentunya kepada semua penyelenggara dan peserta training jurnalistik. 

Bagi rekan-rekan komunitas kepenulisan, lembaga pendidikan, dan sebagainya, utamanya yang berada di wilayah Kepulauan Riau dan sekitarnya, yang ingin mengadakan acara kepenulisan (training, bedah buku, launching, seminar, dan lain-lain) dan ingin mengundang untuk menjadi pemateri, silahkan mengontak saya melalui FB Riawani Elyta, twitter @RiawaniElyta atau akun riawanielyta@gmail.com. Terima kasih.


No comments:

Post a Comment