Riawani Elyta: Resensi Novel Meet The Sennas : Novel yang Komikal

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Monday, 14 April 2014

Resensi Novel Meet The Sennas : Novel yang Komikal



Sinopsis                      :
Novel berkisah tentang gadis bernama Daza Senna (Daze), digambarkan sebagai gadis yang tidak terlalu cantik, punya tubuh berisi dan berambut “Medusa”, lemot dalam pelajaran Matematika, dan terlahir dalam keluarga Senna yang tergolong “aneh”. 

Ayahnya lalu mendatangkan seorang guru les bernama Logan untuk mengajari Daze. Guru les sahabat Dennis kakaknya, yang meski tampan namun juteknya selangit.

Di sekolah, Daze punya sahabat dekat bernama Rinda, dan seorang cowok bernama Dalas yang kemudian naksir padanya. Sayang, hubungan mereka harus segera berakhir, karena Daze diam-diam anksir Logan, betapapun menyebalkannya sikap Logan padanya. Namun Logan ternyata sudah punya Sandra, yang mengaku adalah cinta pertama Logan.

Bagaimana kisah selanjutnya? Akankah Daze berhasil menguasai pelajaran Matematika, dan bagaimana hubungannya dengan Logan?

Novel yang ditulis oleh penulis produktif Orizuka ini, memiliki nuansa ringan, lucu dan menghibur pada sepanjang cerita, sehingga sejak halaman pertama, sukses membuat saya berulang kali tersenyum dan tertawa geli. Harus diakui, sisi humoris Orizuka cukup brilian, natural dan terhindar dari kesan garing. Orizuka sukses menggambarkan “keanehan” keluarganya dengan penuturan yang kocak abis. Walau dalam beberapa scene dan deskripsi, memang rada terkesan too comical.

Untuk dapat menikmati novel ini dengan utuh, kita memang tak perlu berekspektasi terhadap hal-hal lain selain unsur kocak dan menghibur di dalamnya. Kita tak perlu banyak bertanya kenapa nama-nama tokoh utamanya terkesan aneh : Daza, Dalas dan Logan, kenapa Dalas gampang sekali menyerah ketimbang mempertahankan rasa sukanya pada Daze, kenapa ada keluarga seaneh keluarga Senna, dan kenapa latar tempat dari novel ini terkesan alakadarnya.

Pada bagian pertengahan hingga akhir cerita, Orizuka memang terkesan sedikit mengulur-ulur alurnya hingga terasa monoton. Saya pikir, jika novel ini bisa dibuat lebih padat, dan sisi menyentuh dari kehidupan Logan bersama ibunya yang hilang ingatan, dan latar Logan berutang budi pada keluarga Senna lebih diekspos, kisah ini bisa menjadi semenarik 4R : Chronicles of Audy, novel Orizuka yang berhasil membuat saya tertawa dan sekaligus terharu. Dan sepertinya, menyelipkan kisah keluarga sudah menjadi ciri khas Orizuka, dan hal ini memberi nilai plus tersendiri untuk karya-karyanya.

Usai menuntaskan novel ini, saya tak ragu mengatakan kalau Orizuka adalah penulis novel remaja yang serba bisa. Mengolah novel bertema tragis seperti the Truth About Forever, oke. Novel romantis seperti I For You dan Infinitely Yours, juga tak kalah manis, novel kocak seperti 4R, After School Club dan novel ini, apalagi. Ke depan, saya menanti gebrakan Orizuka pada novel-novel bersegmen dewasa. Saya yakin, Orizuka juga bisa menaklukkannya!


Judul               : Meet The Sennas
Penulis             : Orizuka
Penerbit           : Nourabooks
Terbit               : Januari 2014
Jenis                : Fiksi Remaja
ISBN               : 9786027816664







3 comments:

  1. Sudah baca novel ini. Suka jugaa. Ada beberapa bagian yang masih jadi tanda tanya. Misalkan benar ga sih waktu Daze tiba2 tidur di kamarnya itu si Logan yang ngegendong dia ke kamar. Hihihi....

    ReplyDelete
  2. hihi iya, ini novel suka2 orizuka nulisnya aja deh kayanya, tapi humornya mank bikin ngakak, gak garing :D

    ReplyDelete