Riawani Elyta: Resensi Enju : A Little Boy That Change My Life ; Menjadi Calon Ayah yang Siaga *)

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Wednesday, 23 April 2014

Resensi Enju : A Little Boy That Change My Life ; Menjadi Calon Ayah yang Siaga *)





Resensi                       :
Menjadi seorang ayah adalah salah satu anugerah terbesar bagi seorang pria yang telah memasuki kehidupan berumah tangga. Buku ini merupakan catatan dokumentasi seorang ayah mulai dari proses menjelang kelahiran anak lelakinya hingga saat yang dinanti-nanti itu tiba, yaitu kelahiran sang putra yang menjadi cahaya mata dalam kehidupannya.


Bab awal buku ini mengisahkan tentang perjuangannya bersama sang istri untuk mendapatkan keturunan. Sebagaimana juga kerap terjadi pada banyak pasangan yang lain, keduanya mencoba berbagai cara, mulai dari yang rasional seperti berdoa, hingga mencoba saran teman terdekat untuk mengonsumsi sate kelinci yang dipercaya mampu menyuburkan kandungan (hal.4). Padahal, hal ini hanyalah mitos dan baru disadari setelah saran itu dijalani.

Ketika usaha mereka akhirnya berhasil dan sang istri dinyatakan hamil, sederet ujian lain harus mereka hadapi pula. Sang istri mengalami morning sickness cukup parah hingga sulit melakukan aktivitas dan hanya bisa berada di tempat tidur, belum lagi cibiran keluarga terhadap sang istri yang tidak bisa melakukan pekerjaan apa-apa.

Disinilah peran sang suami sangat penting dalam mendampingi istri melewati proses yang tidak ringan tersebut, apalagi, kondisi psikis wanita hamil juga lebih sensitif dan labil. Dalam hal ini, sebagaimana dialami oleh penulis, beliau dituntut untuk bisa lebih mengerti, memahami dan berempati, termasuk dalam menggantikan tugas istri melakukan pekerjaan rumah tangga saat kondisi fisiknya sangat lemah (hal. 51).

Beberapa kebiasaan terkait adat istiadat pada masa kehamilan turut dituturkan, diantaranya tentang pemberian nama sang calon anak yang bersumber dari hal-hal monumental yang layak diabadikan ataupun berawal dari pencarian arti nama, juga tradisi Mitoni pada usia kehamilan tujuh bulan sebagai ungkapan rasa syukur dan memohon agar ibu dan jabang bayi diberi keselamatan hingga hari kelahiran nanti (hal.78). Namun satu hal yang perlu digarisbawahi, bahwa tradisi dimaksud lebih bertujuan untuk mengekalkan nilai filosofis, tetapi untuk keselamatan ibu dan bayi, hal yang terpenting tentunya adalah tetap berdoa dan menjaga kesehatan ibu dan bayinya dengan optimal (hal.82).

Ketika momen persalinan itu hampir tiba, sang calon ayah diharapkan untuk tidak panik, juga sebaiknya mengetahui dan memahami beberapa hal terkait kehamilan, contohnya saja tentang kontraksi palsu yang dialami oleh beberapa wanita hamil menjelang persalinan. Kontraksi yang frekuensinya akan semakin meningkat menjelang kontraksi yang sesungguhnya. Banyak pasangan suami istri harus bolak-balik ke bidan atau rumah sakit karena tertipu kontraksi palsu ini. Tak terkecuali hal ini pun dialami penulis. (hal. 129). 

Saat sang istri harus melewati proses persalinan yang sulit hingga harus dioperasi, peran suami juga sangat diperlukan untuk memberi dukungan sepenuhnya. Di sini, penulis menuturkan pengalamannya saat terus mendampingi sang istri, membacakan doa-doa dan tetap selektif memilah-milah mana saran kerabat keluarga yang bisa diterapkan dan mana yang tidak. Salah satunya yang telanjur menjadi mitos adalah meminum rendaman rumput Fatimah, yang dalam ilmu kedokteran justru menyebabkan kontraksi berlebihan pada rahim sehingga meningkatkan resiko pendarahan, maka penulis memilih untuk menghindari saran yang satu ini (hal.136).

Pengalaman pribadi penulis yang tertuang dalam buku ini, menjadi contoh nyata kepada para pria yang telah berumah tangga untuk mempersiapkan diri sebagai calon ayah yang siaga, sehingga menjadi bekal saat mendampingi istri melalui proses berharga tersebut mulai dari masa pra kehamilan hingga saat-saat persalinan, tahu apa yang sebaiknya dilakukan dan tahu pula tindakan antisipasi yang tepat terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.


Judul               :            Enju, A Little Boy That Changed My Life
Penulis            :            Ihwan Hariyanto
Penerbit          :            Mozaik Indie Publisher
Tebal              :            153 hal
Jenis               :            Kisah Inspiratif
Terbit              :           Januari 2014
ISBN               :            9786021490723
Harga              :            Rp.35.000,-




No comments:

Post a Comment