Riawani Elyta: RESENSI BUKU MOVE ON ; Mengolah energi positif dari kemarahan dan rasa tersakiti

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Wednesday, 5 March 2014

RESENSI BUKU MOVE ON ; Mengolah energi positif dari kemarahan dan rasa tersakiti







Resensi                       :
Hampir setiap orang pernah mengalami jatuh cinta, kekecewaan, kemarahan dan patah hati. Cinta bagaikan dua sisi mata uang. Di satu sisi, cinta bisa membangkitkan rasa bahagia dalam kehidupan seseorang, namun di sisi lain, cinta juga bisa menempatkan seseorang pada sudut terburuk dalam fase kehidupan, yaitu menyebabkan kekecewaan, kemarahan dan patah hati (hal.4).


Sebagian orang mampu menyembuhkan luka hatinya dalam sekejap, namun tak sedikit pula yang mengalami rasa kecewa dan sakit hati sedemikian dalam, hingga menjerumuskannya dalam keterpurukan. Padahal, kondisi ini bisa dihindari dengan cara mengubah sudut pandang terhadap rasa kecewa dan patah hati. Emosi yang timbul dari perasaan negatif akibat kecewa dan patah hati bisa diolah menjadi bahan bakar untuk melakukan perubahan dan pencapaian yang positif.

Delapan kisah nyata yang dipaparkan dalam buku ini membuktikan, bahwa rasa kecewa, kemarahan dan patah hati justru menjadi titik kebangkitan bagi mereka yang mengalaminya. Mereka menjadikan kekecewaan dan kemarahan sebagai bahan bakar untuk melesat lebih jauh, meraih pencapaian-pencapaian yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.

Terdapat kisah tentang wanita yang berhasil mewujudkan mimpinya menjadi penulis setelah rumah tangganya berantakan oleh kehadiran orang ketiga. Rasa tersakiti dan keinginan untuk membuktikan bahwa dirinya lebih baik dari sang orang ketiga, telah mendorongnya untuk bekerja keras demi mencapai mimpinya itu. (hal.42).

Kisah lainnya adalah tentang wanita yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga oleh penganiayaan fisik dan psikis dari sang suami, dan perceraian menjadi tonggak baru baginya untuk meraih kehidupan yang lebih baik, diantaranya dengan berhasil menyelesaikan studi pascasarjana dan menjadi seorang terapis. Rasa kecewa telah mengajarkannya untuk segera bangkit, karena bahagia itu, diri sendirilah yang dapat menciptakan.(hal.58).

Terdapat pula kisah tentang seseorang yang semasa kecilnya sering diejek dan dihina karena kekurangan fisik dan ekonomi yang disandangnya, justru kemudian bermetamorfosis menjadi seorang atlit yang berhasil pula mengubah kondisi perekonomian keluarganya. (hal.79).

Bersama kelima kisah lainnya, mereka akan berbagi pengalaman berharga dan bukti nyata bahwa rasa kecewa, kemarahan dan tersakiti bisa diolah menjadi energi positif untuk melakukan perubahan.

Pada Bab yang berjudul Marah, pembaca akan memperoleh tips-tips meredam kemarahan dan bagaimana memanfaatkan energi yang muncul pada saat sedang marah untuk melakukan hal-hal yang baik, atau disebut juga dengan marah positif. Misalnya saja dengan cara menuangkan kemarahan tersebut lewat tulisan, atau pun melakukan kegiatan yang disukai, seperti memancing, fotografi, membuat kue dan sebagainya, sehingga tetap bisa melakukan hal yang terarah dan menghasilkan. (hal.24).

Selanjutnya pada Bab yang berjudul Mari Nyalakan Kembang Api, penulis memaparkan bahwa untuk dapat segera bangkit dari rasa kecewa, kemarahan dan patah hati adalah dengan cara jujur pada diri sendiri, berbagi dengan mereka yang bisa dipercaya, mohon ampun dan bersandar kepada Tuhan, membuat rencana hidup dan fokus pada tujuan. (hal.120).

Melalui buku ini, penulis juga mengajak pembaca untuk meyakini, bahwa bersama kesulitan, pasti ada kemudahan. Kita tidak bisa menghindar dari mengalami kekecewaan dan patah hati. Yang perlu kita lakukan adalah bagaimana memanfaatkan kekecewaan tersebut untuk melakukan sesuatu yang besar. Selama kemarahan tersebut diarahkan pada hal-hal yang baik, maka semuanya akan berujung kebaikan juga. Dan bukan tidak mungkin, energi yang terpantik oleh rasa kecewa tersebut, akan mendorong seseorang meraih pencapaian demi pencapaian hingga sampai pada puncaknya. Baik pencapaian spiritual maupun prestasi.
 
 
Judul          :            Move On, Sebab Kecewa Berarti Kalah
Penulis       :            Elita Duatnofa dan Ita D. Azly
Penerbit     :            QultumMedia
Tebal         :            136 hal
Genre        :            Non Fiksi
Terbit        :            Oktober 2013
ISBN         :            9790172680
Harga        :            Rp.32.000,-


No comments:

Post a Comment