Riawani Elyta: REVIEW NOVEL TOKYO ; FALLING

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Thursday, 6 February 2014

REVIEW NOVEL TOKYO ; FALLING





Sinopsis :
Thalia, seorang fashion editor mendapat tugas peliputan di Tokyo. Ia merasa excited karena pada saat yang sama, Dean, lelaki yang dicintainya juga sedang bertugas di sana. Sebuah tabrakan tak sengaja di Tokyo Big Sight antara Thalia dengan Tora, yang juga ditugaskan untuk peliputan di Tokyo dari majalah tempatnya bekerja, membuat lensa kamera Thalia jatuh dan pecah. Dan perjalanan kisah mereka pun dimulai dari momen ini.


Waktu yang tidak memungkinkan Thalia untuk mencari ganti lensa kameranya, akhirnya membuat mereka berdua bergantian kamera saat meliput, otomatis, mereka pun melalui perjalanan bersama-sama. Sementara itu, Dean yang selalu sibuk kerap membatalkan janji dari menemui Thalia. Di lain sisi, Tora juga punya misi menemui Hana, kekasihnya. Apa daya, Hana lebih memilih pria lain karena tak sanggup menanti ketidakpastian dari Tora. Siapa menyangka, bahwa kebersamaan Tora dan Thalia, perlahan tapi pasti menumbuhkan perasaan baru antara keduanya.

===============================================

Tokyo menjadi penutup seri STPC Gagas Media Part 1 tahun lalu, dengan menghadirkan Sefryana Khairil sebagai penulisnya. Seperti novel-novelnya terdahulu, Sefryana kembali menyajikan ciri khasnya pada diksi yang manis dan indah, taburan quote-quote romantis pada setiap bab, dan perkembangan chemistry antar tokohnya yang mengalir lembut.

Latar kota Tokyo cukup detail digambarkan Sefryana, bahkan terasa lumayan ‘padat’, membuat saya dapat merasakan hiruk pikuk kota Tokyo dan meresapi suasana dari masing-masing tempat yang ditampilkan. Dan karena alur cerita ini memang bergerak pada kisah perjalanan kedua tokoh utamanya, saya memaklumi kedetailan yang menjelmakan kisah ini seolah-olah sebuah novel semi-travelling.

Karakter kedua tokohnya pun cukup spesifik digambarkan, Tora yang cuek dan sedikit berantakan, Thalia yang manja, sedikit ceroboh dan mudah panik, juga Dean yang menyebalkan karena sering membatalkan janji dan tidak menganggap Thalia lebih penting dari pekerjaannya.

Memang, tidak ada tema dan alur istimewa yang diangkat Sefryana dalam novel ini. Setelah membaca semua seri STPC dengan beragam tema dan cara penuturan, juga telah beberapa kali membaca novel dengan alur yang mirip Tokyo, yaitu rasa cinta yang tumbuh dan berkembang dalam perjalanan yang dilakukan bersama, membuat jalan cerita novel ini jadi mudah tertebak. Saya pikir, open ending yang dipilih Sefryana menjadi satu-satunya jalan untuk menghindarkan novel ini dari sesuatu yang monoton.

Setelah menutup Tokyo, saya bersiap menuju destinasi terakhir STPC part 1 dari Bukune, yaitu Holland.


Judul                          :            Tokyo : Falling
Penulis                        :            Sefryana Khairil
Penerbit                      :            Gagas Media
Tebal                          :            338 hal
Jenis                           :            Fiksi
Terbit                          :            2013
ISBN                          :            9797806634



2 comments:

  1. wow..kayaknya lengkap nih koleksi STPC part 1. aku cuma punya Bangkok :D

    ReplyDelete