Riawani Elyta: REVIEW JIKA AKU MUSLIMAH : BERDAKWAH LEWAT KOMIK

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Sunday, 9 February 2014

REVIEW JIKA AKU MUSLIMAH : BERDAKWAH LEWAT KOMIK







Ada banyak cara untuk berdakwah lewat tulisan. Salah satunya adalah melalui komik, dengan sasaran pembaca remaja tentunya. Dan Fivi Achmad melakukannya pada fiksi grafis berjudul Jika Aku Muslimah ini.

Pesan-pesan dan aturan Islam disampaikan melalui bahasa gambar (komik), diantaranya tentang kewajiban mengenakan hijab, bagaimana berhijab yang benar sesuai syari, fenomena pergaulan remaja termasuk pacaran dan bagaimana yang seharusnya sesuai aturan Islam, sampai yang sedikit “berat”, yaitu tentang bagaimana meng-counter rekan-rekan sepergaulan yang tidak percaya Tuhan.


Dalil-dalil Al-Quran terkait aturan tersebut pun turut disertakan, namun sama sekali tak terkesan menggurui, didukung oleh kemasannya dalam bentuk komik dan dialog-dialog yang sederhana, terkadang bernuansa humor juga khas remaja.

Bagian paling saya sukai, adalah tentang Jilbab gaul dan Tutup Aurat yang Syari Yuk, karena cerita komik pada kedua bagian ini, seakan menjadi “jawaban” terhadap fenomena jilbab gaul saat ini yang sudah melenceng jauh dari aturan syari.

Meskipun judulnya seakan-akan hanya segmented untuk para muslimah begitu pun didukung oleh warna sampul merah jambu, dua bab terakhir yang berjudul Pacaran biar Gaul dan Percaya Tuhan Gak Gaul justru digerakkan oleh tokoh remaja pria dan lebih berbicara tentang dunia remaja pria. Dengan demikian, fiksi grafis ini tak hanya cocok dibaca oleh remaja wanita tetapi juga pembaca pria khususnya yang cepat merasa lelah atau bosan membaca buku yang hanya berisi tulisan saja.

Overall, buku sejenis ini bisa menjadi media alternatif untuk menyampaikan dakwah dengan cara yang mudah dipahami, menghibur, tidak menggurui namun tetap efektif.


Judul                          :            Jika Aku Muslimah

Penulis                        :            Fivi Achmad

Penerbit                      :            QultumMedia

Tebal                          :            108 hal

Jenis                           :            Fiksi Grafis

Terbit                          :            Desember 2013

ISBN                          :            9790172710


No comments:

Post a Comment