Riawani Elyta: RESENSI BUKU KAMU CANTIK DARI HATIMU*)

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Wednesday, 19 February 2014

RESENSI BUKU KAMU CANTIK DARI HATIMU*)





Buku yang ditulis oleh Editor Chief penerbit Indiva ini memuat tips-tips bagi kaum wanita untuk meng-upgrade dirinya, sesuai tagline buku ini : Rahasia-rahasia Cewek yang bikin Kamu Cantik Luar Dalam.

Secara keseluruhan, buku ini memberi tips kepada kaum wanita dalam peningkatan kualitas dari aspek-aspek : psikis (ruhiyah), fisik (kesehatan), intelektualitas, akhlak (kepribadian), potensi diri dan juga sosialisasi (ukhuwah dan pergaulan).


Terkait aspek psikis (ruhiyah), penulis membeberkan tips-tips untuk mendapatkan ruhiyah yang sehat, sebagaimana termuat dalam bab Healthy Inside, Fresh Outside, Brightly Mindset, juga pada bab lain yang berbincang tentang Power of Doa dan Power of Love.

Untuk aspek fisik, kaum wanita tentunya dianjurkan untuk menjaga pola hidup yang sehat. Sedangkan untuk meningkatkan kualitas intelektual, wanita sangat dianjurkan untuk banyak membaca dan terus meningkatkan ilmu pengetahuan, serta mengetahui prioritas investasi. Dalam hal ini penulis menyebutkan bahwa wanita yang cerdas  atau yang memiliki brightly mindset adalah wanita yang mampu menjadikan dirinya cerdas akal dan berpikir kreatif (hal. 70).

Selanjutnya, bab berjudul Sepuluh Kepribadian Muslimah Shalihah akan memaparkan kriteria kepribadian seorang muslimah, diantaranya memiliki akidah yang bersih, beribadah yang benar, memiliki akhlak yang kokoh, dan sebagainya. Selain itu, terdapat juga pembahasan tentang tips-tips memperoleh kebahagiaan lahir bathin, yang dipaparkan pada bab Menjadi Istri Super Bahagia dan Don’t Worry to be Happy.

Potensi diri menjadi perhatian cukup dominan dalam buku ini, yang akan kita temukan uraiannya dalam bab I Have A Dream ; Ayo, gali dan Kembangkan Potensi! ; Disiplin Diri untuk raih Prestasi ; dan Muslimah Mandiri Finansial? Harus Itu!.

Terakhir, kaum wanita juga sangat dianjurkan untuk meng-upgrade kualitas ukhuwahnya, antara lain dengan cara mengenal karakter manusia (bab 3), mengetahui the power of ukhuwah (bab 11) dan manfaat pertemanan serta bagaimana cara mewujudkan ukhuwah yang baik.

Buku ini memang tidak menyajikan pembahasan dalam susunan bab secara teratur, melainkan lebih mirip kumpulan tips dan panduan, yang dituturkan dalam bahasa ringan mengalir, disertai contoh-contoh kisah di zaman Rasulullah, sehingga sangat mudah dinikmati dalam berbagai situasi dan oleh pembaca wanita dari berbagai kalangan usia khususnya remaja dan dewasa muda. Sesuatu yang sepertinya menjadi pilihan banyak penulis buku non fiksi motivasi saat ini. Mungkin, meningkatnya tuntutan dan tekanan hidup pada manusia modern dewasa ini, membuat inspirasi dan motivasi lewat bacaan memang lebih mudah dan efektif disampaikan dengan cara tersebut.

Adanya bab tentang menjadi istri yang bahagia, membuat buku ini juga cocok dibaca wanita yang telah berkeluarga meski tagline dan sampulnya lebih berkonotasi sebagai buku yang ditujukan untuk gadis remaja.

Satu hal menarik adalah pembahasan tentang kemandirian finansial. Kalau membandingkan dengan buku-buku motivasi Islami yang ditujukan untuk wanita pada tahun-tahun sebelumnya, lebih banyak yang membahas sekaligus menekankan pada pentingnya peranan wanita di rumah sebagai istri dan ibu ketimbang sebagai wanita karir. Namun tentunya, buku ini mengupas kemandirian finansial seorang wanita yang tetap bersandar pada aturan Islam.
Secara teknis, terdapat tiga halaman yang tercetak dua kali yaitu pada halaman 153 – 156. Masih terdapat beberapa typo tapi tidak terlalu mengganggu. Penuturan penulis pada bab-bab awal yang mungkin maksudnya berusaha tampil segar dan humoris, sayang sedikit terkesan garing. Menurut hemat saya, terkait konteks pembahasannya, cukup dengan mengandalkan narasi yang ringan mengalir saja, buku ini sudah cukup menarik.  

Buku ini layak dijadikan buku panduan dan motivasi bagi kaum wanita dari berbagai kalangan, baik remaja maupun wanita dewasa termasuk yang sudah berumah tangga. Menjadi “kamus” kepribadian yang bisa dibuka kapan diperlukan, juga “sahabat” yang bermanfaat bagi para wanita untuk membantu meningkatkan kualitas kehidupan. 

Judul                          :            Kamu Cantik Dari Hatimu
Penulis                        :            Asri Istiqomah
Penerbit                      :            Indiva Media Kreasi
Tebal                          :            192 hal
Jenis                           :            Non Fiksi
Terbit                          :            Desember 2013
ISBN                          :            9786028277785

 

No comments:

Post a Comment