Riawani Elyta: RESENSI BUKU BE A BRILLIANT WRITER

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Tuesday, 21 January 2014

RESENSI BUKU BE A BRILLIANT WRITER

 
Judul                          :            Be A Brilliant Writer
Penulis                       :            Afifah Afra
Penerbit                      :            Indiva Media Kreasi
Tebal                          :            272 hal
Genre                         :            Non Fiksi
Terbit                         :            Oktober 2011
ISBN                          :            9786028277419


Resensi                       :
Saat kita memperhatikan deretan buku-buku non fiksi di toko buku, maka buku yang membahas tentang motivasi dan teknik kepenulisan, termasuk jenis buku non fiksi yang cukup banyak diterbitkan. Salah satunya adalah buku A Brilliant Writer yang ditulis oleh Afifah Afra, dan merupakan pengembangan dari buku beliau berjudul How to be A Smart Writer yang diterbitkan pada tahun 2006.

Perkembangan informasi dan teknologi yang luar biasa cepat membuat segala hal di dunia ini sangat cepat mengalami penuaan dini. Demikian pula halnya dengan buku, meski ilmu yang terkandung didalamnya belumlah usang, namun seiring waktu, konsep dan penyajiannya perlu di-upgrade jika masih ingin terus diproduksi.

Maka jika dibandingkan terbitan terdahulu yang juga mengalami dua kali pergantian ukuran, buku ini pun telah mengalami perubahan terutama pada bab yang membahas tentang publikasi karya ataupun penerbitan buku. Terdapat adanya sentuhan baru berupa trik-trik menerbitkan buku, memasarkan, dan berbagai metode promosi.

Bagian I yang bertajuk Motivasi, dibuka dengan pemaparan pengalaman penulis sejak kali pertama jatuh cinta dengan dunia menulis hingga merintis dunia penerbitan buku dan majalah. Bagian ini juga memuat manfaat dari menulis dan langkah-langkah apa yang bisa dilakukan penulis agar tetap bersemangat untuk berkarya termasuk tips-tips menemukan ide yang berlimpah.

Pada bagian II yang bertajuk Rimba Raya Kepenulisan, barulah penulis mendedahkan tips-tips teknis dalam dunia kepenulisan meliputi penulisan cerpen, novel, artikel, esai, feature, resensi, dunia jurnalistik dan puisi. Sebagaimana telah disebutkan, pada bagian ini penulis menambahkan pembahasan tentang bagaimana mempublikasikan karya serta manfaat internet bagi penulis.

Buku ini ditutup dengan Bagian III bertajuk Writer-Preneur, yang akan membagi pengetahuan terkait dunia penerbitan, termasuk bagaimana membangun mental pebisnis,  prinsip manajemen, hingga lika-liku penerbitan buku mulai dari proses hunting dan seleksi naskah, editing, desain, pra cetak, cetak hingga pemasaran dan sistem pengontrolan.

Berikut ini beberapa poin kesimpulan saya dari hasil membaca buku yang dikemas dengan sampul berwarna-warni cukup kontras dan menarik ini, yaitu:
1.      Buku ini membagi fokus bahasannya pada tiga hal : yaitu motivasi, teknis dan semangat entrepreneurshIp dalam dunia menulis. Pada perkembangannya, ketiga hal ini memang harus dimiliki oleh seorang penulis yang “lahir” pada era ini. kompetisi yang kian ketat membuat seorang penulis tidak cukup hanya berbekal teknis dan ilmu kepenulisan, tetapi harus didukung pula dengan motivasi yang kokoh serta pengetahuan yang cukup terkait publikasi dan promosi.

2.      Dilihat dari konten dan cara penyajiannya, buku ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki passion dalam dunia menulis secara umum tanpa melihat bidang tulisan yang ditekuni, karena buku ini cukup lengkap memaparkan teknik kepenulisan pada jenisnya masing-masing.

3.      Selain membagi teori dan teknis kepenulisan, didalam buku ini juga terdapat contoh-contoh latihan menulis, seperti latihan membuat tema, latihan menulis cerpen, latihan membuat alur novel, dan sebagainya.

4.      Jika ke depannya buku ini akan kembali dicetak ulang, kiranya pembahasan pada Rimba Raya 10 yang bertajuk Internet dan Urgensinya Bagi Penulis dapat lebih diperdalam detail pemaparannya, khususnya tentang penggunaan media sosial dan blog dalam menunjang aktivitas kepenulisan, serta bab khusus yang membahas tentang aktivitas menulis bagi para blogger. Karena tak dapat dipungkiri, bahwa media sosial dewasa ini memegang peran cukup penting dalam publikasi dan promosi karya penulis, dan aktivitas menulis di dunia blog juga tak kalah semarak dengan dunia penulisan buku.

5.      Pada bagian writer-preneurship, juga masih memungkinkan untuk dikembangkan dengan pembahasan tentang how to be a public speaker bagi penulis, mengingat saat ini pun, penulis tidak hanya bekerja di belakang laptop tetapi cukup banyak yang mendapat kesempatan “mentas” di acara-acara bedah buku dan talkshow untuk membagi ilmunya kepada khalayak.

Sebagai penutup, dengan tiga unsur penting yang tercakup dalam buku ini (motivasi, teknis dan writer-preneurship) buku ini sangat direkomendasikan untuk menjadi referensi bagi anda yang memiliki passion menulis, yang berniat eksis dalam dunia literasi, yang ingin terus meningkatkan kualitas tulisan dan juga bagi anda, para penulis yang ingin terus menebar manfaat lewat menulis.



13 comments:

  1. sy ada buku ini juga.. mau saya resensi juga... tapi hasile mgkn gak sebagus ini :D
    seperti biasa lengkap mengulas, cerdas mengupoas tnpa curcol hehe

    ReplyDelete
  2. resensi yg bagus itu apa yg harus ada curcol ya? *nanya serius*

    ReplyDelete
  3. We o we deh mbak Lyta ... ini resensi yang berbobot.^_^

    ReplyDelete
  4. makasih kunjungannya mbak Niar, belum se we-o-we resensi mbak Niar, hehe

    ReplyDelete
  5. wuiiih...bagus bener resensinya. tapi saya belum punya bukunya sih :D

    ReplyDelete
  6. Bukunya jauh lbh bagus mbak eky :-)

    ReplyDelete
  7. para jagoan resensi ngumpul nih.. mbak lyta, mbak binta, ecky, niar.. aku melipir dah.. :)

    ReplyDelete
  8. Oalah , ini yg komen jg jagoan resensi :-)

    ReplyDelete
  9. mbak Lyta, resensinya bikin pengen beli bukunya aja. Oh, desaku yang kucinta, kenapa tiap kali ada buku bagus susah nyarinya.
    Eniwei hatur nuhun udah bahas ini

    ReplyDelete
  10. Masukannya saya perhatikan...
    Semoga tahun ini bisa menerbitkan edisi mutakhirnya :-)

    ReplyDelete
  11. ditunggu edisi terkininya boss :)

    ReplyDelete
  12. Punya buku ini... Wah, Mbak Riawani udah nge-review banyak nih untuk IRC... Kejaarrrrr, hihihi :D

    ReplyDelete