Riawani Elyta: Bincang Buku #Kitab Sakti Remadja Oenggoel

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Wednesday, 14 August 2013

Bincang Buku #Kitab Sakti Remadja Oenggoel





Sudah lama saya ingin bincang-bincang tentang proses behind the book. Bukannya nggak pernah sih. Beberapa kisah dibalik layar ini pernah saya posting di blog lama saya di multiply tapi lupa mindahin sebelum multiply ditutup, (hiks), juga ada beberapa termuat di catatan fesbuk. Jadi, untuk postingan disini, saya mulai dulu dari buku saya yang paling baru, yaitu Kitab Sakti Remadja Oenggoel.

Buku ini saya tulis bersama Oci YM. Penulis muda nan ayu dari Riau. dan untuk saya, ini menjadi buku non fiksi pertama, setelah sebelumnya saya hanya fokus di fiksi. Outline dari buku ini sebenarnya sudah disusun Oci setahun lalu, dan waktu itu pun saya udah mulai mengangsur menulis sampai sekitar 20 halaman. Tetapi karena kesibukan, penulisan buku ini pun jadi tertunda.

Pada sekitar awal 2013, saya coba ajuin outline yang Oci buat ke Penerbit Indiva. Alhamdulillah di-acc.  Kita berdua lalu diberi dateline sekitar dua bulan untuk menyelesaikan. Tetapi karena dikejar jadwal terbit, dimajukan lagi menjadi tiga minggu. Dalam jangka waktu yang benar-benar singkat inilah kita berdua berusaha untuk sama-sama fokus agar buku ini bisa selesai tepat waktu dan hasilnya juga memadai.

Alhamdulillah, dateline singkat itu berhasil kami lunasi. Proses revisinya juga terbilang cepat. dan, kami juga dapat "surprise bonus" yaitu prolog buku yang ditulis oleh Afifah Afra, yang baru kami ketahui pas membaca PDFnya. Syukron ya :)

Lalu, kalo ditanya, apa kira-kira yang membedakan buku ini dari buku motivasi sejenis?

Pertama - buku ini dibandrol dengan harga sangat terjangkau, yaitu hanya Rp. 28 ribu untuk ketebalan sekitar 200 halaman. Sengaja disesuaikan dengan kantong remaja, juga isinya cocok dengan usia remaja mulai dari segmen SMP hingga kuliah. Bahkan waktu "diujicoba" pada keponakan teman saya yang masih SD, Alhamdulillah bisa dipahami. Dan untuk usia dewasa muda juga insya Allah masih nyambung, karena buku ini ditulis dengan bahasa yang gaul, ringan dan juga fresh.

Kedua - dari segi kontennya, di sini kita menekankan konsep remaja unggul pada 3 (tiga) poin penting, yaitu konsep pengenalan diri, manajemen waktu yang efektif, dan konsep anti galau. Untuk mendukung tersampaikannya konsep-konsep ini kepada pembaca, kita melengkapinya dengan quiz-quiz dan tabel-tabel panduan yang bisa digunakan pembaca untuk mulai merancang manajemen waktu dan aktivitas dalam rangka pencapaian cita-cita. Kita juga menyertakan kisah orang-orang yang berhasil meraih sukses di usia muda berkat pengenalan potensi diri sejak dini, kemampuan memenej waktu dengan baik juga fokus pada pencapaian cita-cita, serta, nggak ketinggalan juga quote-quote inspiratif tentang kehidupan dari beberapa tokoh dunia.

Buku ini saat ini sudah beredar di toko-toko buku di seluruh Indonesia, juga bisa dipesan melalui penerbit Indiva Media Kreasi. Happy hunting, semoga bermanfaat :)

7 comments:

  1. covernya cuantik ya mbak hehe...biru ceria

    ReplyDelete
  2. Anggun : iya, aslinya lebih kelihatan birunya :)
    Naqiyyah : makasih :)

    ReplyDelete
  3. sukses untuk bukunya ya Riawani

    ReplyDelete
  4. silahkan mbak Nathalia :)
    Makasih mbak Ade Anita :)

    ReplyDelete
  5. Waduh, penulis muda nan ayu *cermin mana cermin :D

    ReplyDelete