Riawani Elyta: Launching Antologi Love Journey dan Talkshow Book Your Blog

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Wednesday, 2 January 2013

Launching Antologi Love Journey dan Talkshow Book Your Blog


Dari Launching Antologi Love Journey dan Talkshow Book Your Blog, TB KHarisma, Kepri Mall, Batam, 23 Desember 2012

Postingan yang sedikit telat sebenarnya, tapi tak mengapalah, daripada terlupakan sama sekali :)

Pagi itu, Minggu, 23 Desember 2012, sedikit tergopoh-gopoh saat berangkat dari rumah menuju pelabuhan, mengingat waktu yang saya rencanakan, pukul sembilan setidaknya saya sudah berada di dalam ferry, nyatanya, karena urusan domestik juga, saya baru masuk ke dalam ferry Baruna pada pukul sembilan tiga puluh. Berdua suami, kami kebagian tempat di sofa paling depan, otomatis, gelombang pun jadi lebih terasa, apa boleh buat, mengingat ini sudah telat dari rencana dan penumpang juga sangat ramai.

Pukul 10.30, kami sampai di Punggur, dijemput oleh salah satu teman fesbuk saya Dwi Rahmawati, yang datang bersama suami dan dua anaknya. Saat bertemu Dwi, ya ampyun, ternyata tebakan saya selama ini salah. Saya kira - dari komentar2 Dwi di fesbuk pada umumnya - Dwi dalam perkiraan saya sama blak2an dan ceplas-ceplos dengan komentar2nya itu, nyatanya, kesan pada pertemuan pertama ini terkesan lembut, ramah, murah senyum dan logatnya juga Jawa banget :)

Sesampai di TB Kharisma Kepri Mall sekitar pukul sebelas, alhamdulillah, ternyata acara belum mulai, bahkan beberapa panitia masih pada sibuk ngatur properti dan sound system. Ternyata sodara2, penyakit jam karet orang kita itu, tidak selamanya menyebalkan :) Saya jadinya masih sempat mengatur nafas, dan jalan2 dulu di sekitar Mall yang pada jam ini masih terlihat sepi.

Oh ya, mereka yang lagi sibuk dengan semua properti itu, adalah mereka yang juga udah berbaik hati mengundang saya pada launching antologi mereka, yaitu Lina Sasmita, Dee An, dan mbak Erni Mustika, Ketua FLP Batam yang bertindak sebagai moderator.

Singkat cerita, acara launching pun digelar pada sekitar pukul 11.30, oleh kedua kontributornya yaitu Lina dan Dee An dengan dipandu oleh mbak Erni. Kedua penulis ini masing2 bercerita tentang proses penyusunan antology yang berjudul "Love journey" itu, yang merupakan kumpulan tulisan perjalanan dari para sesama pengguna Multiply. Acara ini lalu diselingi oleh doorprize sebelum dilanjutkan dengan bagian saya, yaitu talkshow yang bertema "Book Your Blog".

Terus terang, ini adalah pengalaman pertama saya menjadi pembicara pada talkshow bertema kepenulisan. Dan tentu saja, reaksi pertama saya saat diundang, adalah very excited :) Sungguh, ini adalah salah satu keinginan yang udah lama bergaung di dalam hati, dan very thanks to mbak2 ini yang udah sudi merealisasikan keinginan saya ini :)

Saat sebelum tampil, reaksi tubuh saya mungkin nggak jauh beda dengan kebanyakan orang, yaitu lutut terasa gemetar, dan detak jantung juga lebih bergegas, apalagi, ketika itu saya sempat mencicipi sesendok ekspresso pesanan suami, yang ternyata kadar caffeinnya lumayan tinggi. Tetapi saat sudah memegang mike (bukan Mike Lewis, tetapi mikrofon :D), reaksi yang terjadi justru sebaliknya, saya malah jadi ketagihan pengen terus ngomong, hehe, apalagi kalau sound systemnya bagus, bisa bikin gema suara juga lebih oke, saya bakal lebih semangat untuk bicara :)

Dan karena para audiensnya pada duduk lesehan, saya pun memutuskan untuk ikut berbaur bersama mereka, dan mengajak mereka semua ikut berpartisipasi dalam sessi bersama saya yang berlangsung kurleb 45 menit itu. Dalam waktu yang disediakan panitia itu, saya mengajak audiens yang sebagian besar masih muda2 itu untuk mengetahui manfaat menulis blog, bagaimana cara membukukannya dan perbedaan spesifik antara menerbitkan secara konvensional dengan indie, juga kisah behind the scene dari novel2 saya. Sessi ini juga diikuti dengan doorprize berupa novel2 saya serta sessi tanya jawab dari peserta. 

Alhamdulillah, saya senang banget, karena audiensnya pada antusias, juga ada remaja yang pas ngelihat display novel saya, langsung bereaksi kaya' jumpa artis, hehe (walau nggak sampe sehisteria yang di teve2 :D). Acara pun ditutup dengan pembelian buku, booksigning dan foto-foto. 

Sekali lagi saya ucapin terima kasih untuk panitia yang udah berkenan mengundang saya (ditunggu undangan2 berikutnya, yak :D), para audiens yang pada antusias (semoga setelah ini jadi lebih semangat ngisi blog dan menulis yak :)), TB Kharisma yang udah jadi tuan rumah, FLP Batam yang katanya mulai menggeliat, sobat 2 Xpresi Batam Pos dan juga jepretan kamera DSLR yang bikin foto-fotonya jadi pada bening2, hehe :)






2 comments:

  1. Mbak Ri, mungkin berkenan menyimak sedikit cerita tentang proses panjang kelahiran Love Journey... :)

    http://www.adventurose.com/2013/01/proses-lahirnya-love-journey.html

    ReplyDelete
  2. Sy udah mampir mbak n ninggalin jejak dsana, mantap prosesnya, congrat :-)

    ReplyDelete