Riawani Elyta: TOTALITAS

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Tuesday, 4 September 2012

TOTALITAS

Berapa lama waktu ideal yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan sebuah novel?
Yakin deh, jawabannya bisa melebar, mulai dari waktu terpendek hingga yang makan waktu bertahun-tahun, tergantung sikon, ketersediaan waktu, tingkat kesibukan, tingkat konsentrasi, tingkat kebutuhan baik dari si penulis mau pun penerbit.

Tidak hanya soal waktu ideal, tetapi juga sejauh mana "loyalitas" dan "totalitas" si penulis terhadap karyanya. Jika ia memang menginginkan karya yang maksimal, meninggalkan jejak mendalam di hati dan benak pembacanya, maka tentu riset untuk itu juga harus maksimal, penuh pengorbanan dan keterlibatan maksimal di dalam karyanya.
Di sini hal yang dilematis juga kerap terjadi. Novel yang dikerjakan maksimal dan penuh totalitas, ternyata tidak menuai hasil yang sepadan
saat dilempar ke pasaran. Sementara banyak novel-novel ringan yang justru laris manis. Saya tidak akan mengotak-kotakkan bahwa novel genre A, B, C adalah novel-novel ringan, sementara novel genre D, E, F adalah novel-novel berat. Toh saya juga masih menemukan novel romance yang bermutu dan teenlit yang bergizi, sementara novel yang katanya full suspense justru berakhir dengan ending yang datar dan konflik yang mengada-ngada.

Jadi, hal yang perlu dibangun saat sudah memutuskan untuk menulis prolog sebuah novel adalah menjaga konsistensi hingga tulisan itu akan berakhir pada kata 'the end', berusaha maksimal dan singkirkan hal-hal yang bisa mengurangi kenyamanan. Jadikan kesulitan sebagai tantangan dan bukan beban. Terapkan semua tips yang sudah anda peroleh untuk bisa memotivasi dan mencari solusi ketika buntu. Dan yakinlah, tak ada goresan yang sia-sia. Satu bundel novel yang tertolak hari ini boleh jadi akan menjadi cikal bakal novel yang laris di kemudian hari. Satu kalimat pembuka boleh jadi akan menggiring kita pada imajinasi2 baru yang tak terduga. Saat rasa lelah dan bosan mendera, menjauhlah untuk sesaat, alihkan perhatian pada hal-hal yang bisa merefresh energi dan semangat anda, bahkan kerinduan untuk kembali menulis.

Selamat melanjutkan perjuangan ^_^


5 comments:

  1. Terima kasiiiih Mama :)

    Salam dariku
    Molly

    ReplyDelete
  2. ikutt.... blog baru mbak Lyta nih.... joint my blog jg ya mbak Lyta :D

    ReplyDelete