Support Me on SociaBuzz

Support Me on SociaBuzz
Dukung Blog Ini

Tips Mewujudkan Hunian Impian untuk Seluruh Keluarga



 Memiliki rumah sendiri adalah harapan dan impian bagi banyak orang. Tidak hanya bagi yang telah berkeluarga, mereka yang belum menikah pun sudah banyak yang merencanakan konsep rumah impian yang kelak akan diwujudkan. Sebuah rumah tidak hanya menjadi sebuah tempat tinggal dimana kita akan melakukan aktivitas bersama keluarga, rumah juga merupakan aset yang memiliki nilai yang terus bertambah. 


Berbeda dengan produk elektronik dan kendaraan ebrmotor misalnya. Bahkan ketika produk tersebut sudah sampai di rumah kita, secara otomatis harganya langsung turun. Oleh karenanya, sangat penting untuk memiliki impian, perencanaan dan konsep tentang memiliki sebuah rumah. Untuk memiliki rumah, kita bisa memilih beberapa cara, diantaranya :

a.    Menabung, lalu membeli rumah

b.    Menabung sejumlah uang untuk DP rumah, lalu mengambil rumah dengan cara dicicil

c.    Menabung, lalu membeli tanah dan membangun rumah

d.   Menabung, lalu membeli rumah dengan sistem over kredit

 

Apapun cara yang anda pilih, tentunya disesuaikan dengan penghasilan yang anda miliki, cara anda memperbesar penghasilan dengan memiliki penghasilan tambahan, dan keyakinan bahwa suatu hari akan memiliki rumah impian. Untuk mewujudkan rumah impian, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan :

 

1.        Hitung dengan cermat anggaran yang anda miliki

Mengetahui kondisi keuangan anda merupakan langkah pertama yang bisa dilakukan. Mulai dari menghitung pengeluaran bulanan, membandingkan dengan pemasukan, mencari cara untuk melakukan penghematan, dan mencari cara untuk menambah penghasilan.

Memiliki rumah impian merupakan sebuah perjalanan panjang karena tidak semua orang bisa langsung memiliki rumah dengan modal besar sehingga mental untuk bersabar, perhitungan yang cermat serta kemauan memiliki gaya hidup yang sesuai adalah hal yang harus dimiliki.

 

2.        Cari info sebanyak-banyaknya tentang properti di kota anda

Ada banyak pameran properti yang sering diadakan secara rutin. Untuk momen tertentu misalnya di awal tahun atau pada momen tertentu, perusahaan properti sering memberikan penawaran yang menarik misalnya potongan harga, atau pemberian fasilitas tambahan.

Selain itu, saat mempertimbangkan sebuah hunian, perhatikan pula hal-hal seperti :

a.       Akses menuju ke lokasi rumah

Akses tentu menjadi sebuah pertimbangan saat kita akan memilih lokasi rumah yang kita inginkan. Cari tahu apakah lokasi yang kita pilih memiliki akses yang mudah dijangkau atau merupakan daerah pengembangan sehingga aksesnya sedang dikembangkan pula. Walaupun lokasi yang kita pilih memiliki banyak fasilitas internal yang menarik, namun jika ternyata akses jalannya sulit untuk ditempuh karena merupakan jalan berlumpur atau jalan rusak, sulit dilewati kendaraan bermotor, maka hal ini sebaiknya menjadi pertimbangan.

 


 

b.      Fasilitas publik yang lengkap

Hal ini menjadi pertimbangan selanjutnya untuk memilih lokasi rumah. Beberapa fasilitas publik yang sebaiknya ada di dekat lokasi rumah adalah rumah ibadah, fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, tempat berbelanja barang kebutuhan sehari-hari, dan arena untuk rekreasi serta berolahraga.

 

c.       Pilih yang bebas atau jauh dari lokasi bencana

Memiliki pemandangan indah di pinggir pantai atau danau, atau dengan gunung tentu menjadi sesuatu yang sangat indah. Tetapi jika ternyata lokasi tersebut adalah lokasi yang rawan bencana seperti gempa, tsunami, banjir, badai, hingga erupsi, maka sebaiknya kita memutuskan untuk mencari lokasi lain yang lebih aman.

 

d.      Lokasi dengan keamanan tinggi

Tidak selamanya kita akan terus berada di rumah. Pergi bekerja, sekolah, mudik, melakukan perjalanan bisnis, atau berwisata ke kota lain membuat kita harus meninggalkan rumah. Di saat ini, alih-alih merasa khawatir, maka lokasi dengan tingkat keamanan yang tinggi tentu menjadi pilihan yang bijak.

Saat ini kita bisa memilih lokasi perumahan yang memiliki sistem penjagaan tinggi, yang menerapkan sistem one gate system atau double gate system, dilangkapi kamera CCTV di di berbagai sudut perumahan, dan memiliki penjaga profesional.

 

e.       Dekat dengan pusat bisnis terpadu

Hal ini merupakan pertimbangan selanjutnya untuk memilih lokasi rumah. Terutama bagi anda sebagai pekerja yang dituntut untuk selalu cepat dan fleksibel. Walaupun biasanya memiliki harga yang relatif lebih tinggi, pusat bisnis terpadu biasanya akan memiliki akses yang cepat dan memiliki fasilitas yang lengkap.

 

3.        Lakukan pengelolaan keuangan dengan baik dan bijak

Apakah anda memperoleh penghasilan bulanan atau harian atau per proyek pekerjaan,  tetap lakukan pengelolaan keuangan dengan baik dan bijak. Kedisiplinan menggunakan uang agar bisa mewujudkan impian memiliki rumah impian adalah salh satu kunci yang harus dilakukan.

Selain itu memahami mana yang merupakan kebutuhan, mana yang keinginan akan membantu anda untuk bisa membuat skala prioritas dalam pemenuhan kebutuhan. Satu hal penting lainnya tentu memiliki satu rekening khusus untuk memiliki rumah impian anda. Pisahkan dari rekening lainnya dan hitung berapa alokasi yang anda masukkan setiap bulannya ke rekening tersebut hingga anda bisa mewujudkan impian anda. Termasuk pula mencari penghasilan tambahan agar impian anda cepat terwujud.

 

4.        Miliki rumah dengan harga yang sesuai dengan kondisi

Pada akhirnya, dengan menghitung kemampuan keuangan kita, maka kita akan mengetahui rumah seperti apa yang sesuai dengan kita. Jika perhitungan anggaran yang anda lakukan ternyata memang belum memenuhi ekspektasi anda, jangan ragu untuk melirik konsep rumah tumbuh. Dimana anda bisa mewujudkan impian anda secara bertahap tanpa kehilangan impian besar anda.

Selain itu cari tahu pula tentang pembiayaan properti. Saat ini ada banyak pilihan instrumen pembiayaan yang menawarkan banyak keuntungan. Dengan instrumen hipotek hingga sistem syariah, silakan sesuaikan dengan keinginan anda.


 Nah bagi anda yang berdomisili di kota Malang atau berniat memiliki hunian menawan di kota terbesar kedua di jawa Timur ini, terdapat sebuah kawasan hunian yang akan memenuhi semua aspek dalam mewujudkan rumah impian anda. Dikembangkan oleh PT Prima Land Sejahtera, Singhamerta City, Smart and Safe City telah hadir untuk anda. Berada di Jalan Mulyorejo Gang Gang IV, Desa Jedong, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65158, kawasan ini memiliki begitu banyak keunggulan.

 

1.        Akses yang mumpuni

Singhamerta City berada dekat dengan Stasiun Malang yang hanya berjarak 20 menit saja dan 30 menit dari exit Tol Sawojajar Malang. Berada di kawasan kultural barat daya Kota Malang, terdapat pusat perbelanjaan di sekitar kawasan ini seperti Mall Olympic Garden yang berjarak 15 menit saja dimana anda bisa memenuhi kebutuhan harian anda sekaligus sebagai sarana rekreasi. Tersedia pula Indogrosir yang berada 5,2 kilometer dari kawasan ini dan Cyber Mall yang berada hanya 5,7 kilometer saja.

 

Selain itu, hanya berjarak 15 menit perjalanan saja dari Universitas Brawijaya membuat kawasan ini tentunya menjadi sebuah kawasan yang selalu ramai dengan aktivitas para mahasiswa. Terdapat pula universitas lain yang sangat terjangkau seperti Universitas Kanjuruhan yang hanya berjarak 4,2 kilometer saja, Poltekkes yang hanya berjarak 7,5 kilometer, dan juga Universitas Negeri Malang yang bisa dijangkau dengan menempuh jarak 7 kilometer.

 

Untuk sarana kesehatan, anda juga tak perlu merasa khawatir. Tersedia tiga buah Rumah Sakit dan satu buah klinik yang tentunya buka 24 jam. RS Panti Waluya yang berada pada jarak 7 kilometer, RSI Aisyiyah yang berada pada jarak 7,2 kilometer, RSUD dr. Saiful Anwar yang berjarak 9,6 kilometer, dan Klinik Adi Husada yang berada pada jarak 5,3 kilometer saja.

 

2.        Fasilitas yang lengkap

Berada di ketinggian 610 meter di atas permukaan laut, residence yang berlatarkan pemandangan pegunungan yang alami ini memiliki udara sejuk yang menyegarkan dan berkualitas. Selain itu, kawasan hunian indah ini memiliki lingkungan hijau yang jauh melebihi bayangan kita, yakni sebanyak 50% green area dari keseluruhan lahannya. Hal ini membuat kawasan ini semakin sejuk dan adem, sehingga sangat cocok sebagai lingkungan untuk tumbuh kembang anak-anak.

Tak hanya sampai di situ saja, tersedia pula sarana olahraga seperti jogging track di sepanjang main road, playground bagi anak-anak, dan taman keluarga. Fasilitas lainnya yang akan segera hadir antara lain adalah 5 tempat ibadah, lapangan basket, futsal, dan golf.

Dan bagi anda yang suka khawatir dengan ketersediaan air bersih yang merupakan komponan penting dan menjadi salah satu pertimbangan utama saat memilih lokasi rumah, maka anda tak perlu memikirkan hal ini lagi. Karena di Singhamerta City ini memiliki fasilitas Pengelolaan Air Mandiri. Dimana sumber airnya merupakan sumber air alami berupa lembah air seluas 3.000-4.000 meter. Sehingga keberadaan Singhamerta City ini bak oase di Malang.

 

3.        Sistem keamanan yang membuat kita bebas khawatir

Anda tentu tak ingin terjebak rasa was-was saat meninggalkan rumah terutama untuk waktu yang relatif lama, maka Singhamerta City adalah jawabannya. Terdapat pos keamanan di tiap cluster di kawasan ini yang akan menjamin keamanan dan ketertiban. Hal ini termasuk memastikan akses dari luar yang masuk ke kawasan ini.

 

4.        Dekat dengan tempat wisata

Kota Malang memiliki banyak destinasi wisata yang membuat kota dengan banyak nama julukan ini menjadi favorit bagi banyak wisatawan. Selain itu, rekreasi menjadi salah satu kebutuhan yang tak boleh dilewatkan karena memberikan banyak manfaat seperti pelepas lelah, meminimalisasi stres, mengeratkan ikatan keluarga, dan banyak manfaat lainnya.

Singhamerta City memiliki akses wisata yang terjangkau seperti Alun-alun Malang yang berada pada jarak 7,6 kilometer, Sengakling Water Park yang berada sejauh 13,4 kilometer saja, Latar Ombo pada jarak 3,9 kilometer saja dan tentunya Kota Batu yang terkenal, hanya berjarak 45 menit saja.

 

 


Dengan semua keunggulan tersebut, nyatanya Singhamerta City memiliki penawaran yang sangat menggiurkan. Saat ini, Singhamerta City menjual unit rumah yang berkonsep rumah tumbuh, sebuah konsep yang sangat menarik dimana anda bisa secara bertahap mewujudkan hunian impian anda, baik dengan meluaskan secara vertikal maupun horizontal.

Dua tipe yang dimiliki Singhamerta City yakni Tipe 48 dan Tipe 100. Luas cakupan lahan yang mencapai 20 ha, dengan site area seluas 3,5 ha yang saat ini sedang berada dalam tahapan pembangunan.

a.         Tipe Jayaghu (Tipe 48)

Menawarkan dua tipe yakni 48/92 dan 48/131. Masing-masing dengan dua kamar tidur, 1 kamar mandi, dan 1 carport.

b.        Tipe 100 (Main Road)

Menawarkan tiga tipe yakni 100/125, 100/135, dan 100/175. Masing-masing dengan tiga kamar tidur, 3 kamar mandi, dan 2 carport.

 

Untuk harga, Singhamerta City menawarkan mulai dari harga Rp 495.080.000 hingga Rp 1.091.750.000 tergantung dari tipe yang dipilih dan skema pembayarannya. Tapi anda tak perlu ragu untuk membeli hunian di kawasan asri dan pastinya memenuhi keinginan semua anggota keluarga ini. Karena anda bisa memilih skema pembayaran cicilan dengan angsuran mulai dari 2 jutaan saja. Promo ini tak berhenti sampai disini. Karena ada diskon sampai dengan 100 jutaan, free IMB,  BPHTB, AJB, BBN dan DP-nya 0% dan hanya membayar biaya jadi sebesar 10 juta rupiah saja. Bagi anda yang langsung mengamankan rumah impian anda di lokasi ini, tersedia pula undian dengan hadiah yang sangat menarik.

 

Skema pembayaran yang tersedia untuk pembelian unit rumah di Singhamerta City antara lain tunai, bertahap, dan KPR. Anda bisa memilih bank-bank yang sudah bekerjasama antara lain BTN (konvensional dan syariah), BCA, BRI, BSI dan BNI. Bagi anda yang ingin langsung bergabung menikmati hunian di kawasan yang menggiurkan ini, jika anda memesan tipe 48, maka anda cukup menunggu 2 hingga 3 bulan untuk proses pembangunan dan 6 bulan untuk tipe 100.

 

Untuk sertifikat yang akan didapatkan berupa Sertifikat Hak Milik (SHM) dimana tidak ada biaya administrasi sertifikat untuk pembelian in house atau cash. Selain itu, biaya maintenance bagi penghuni kawasan ini juga sangat terjangkau, yakni Rp 100.000,00 saja yang meliputi biaya kebersihan, penerangan jalan dan keamanan. Tertarik? langsung datang untuk melihat Show Unit yang buka dari pukul 08.00 hingga 16.00.

 

Sumber :

https://www.singhamerta-city.com/

https://www.eastjava.com/tourism/malang/ina/citytour/about-us.html

https://manajemenkeuangan.net/punya-rumah-sendiri/

https://regional.kompas.com/read/2021/04/11/092900078/kota-malang-dan-12-nama-julukannya-dari-paris-van-east-java-hingga-kota

 

 

 

 

No comments