Support Me on SociaBuzz

Support Me on SociaBuzz
Dukung Blog Ini

Jenis Reksadana Paling Banyak Diminati, Yuk Belajar Supaya Cuan Makin Lancar


Reksadana merupakan salah satu jenis investasi yang banyak diminati oleh para pemula. Alasannya banyak sekali, mulai dari modal awal yang murah sampai dibantu oleh manajer investasi. Jadi meski memiliki memiliki sedikit modal dan diterpa segudang pekerjaan, investasi yang dilakukan tetap berjalan. Jenis-jenis dari reksadana pun juga begitu banyak, kamu bisa memilih yang paling cuan supaya bisa menguntungkan.


Rekomendasi manajer investasi yang aman dan terpercaya adalah di Pluang. Aksesnya mudah, bisa monitoring lewat ponsel saja. Selain itu jenis reksadana di Pluang.com juga banyak. Yuk cek dulu berikut ini jajaran jenis reksadana yang paling banyak diminati secara umum.

 

Reksadana Saham

Paling populer di antara yang lainnya adalah reksadana saham yang digadang-gadang menghasilkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan jenis lain. Bagi kamu yang selama ini sudah sering berinvestasi di dunia saham, sebenarnya prinsip dari jenis reksadana ini kurang lebih sama. Yakni high risk dan high return, semakin tinggi keuntungan yang diinginkan, semakin tinggi pula risikonya.

Namun pembedanya, ada manajer investasi yang membantu memantau semuanya. Selain itu, jika memilih investasi jenis ini akan lebih aman dan terpercaya karena manajer investasi hanya membeli pada perusahaan yang memiliki badan hukum, di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Banyak orang yang merasa tertantang dengan jenis investasi satu ini. Namun tidak sedikit pula yang merasa takut dengan potensi kehilangan yang besar. Bisa dibilang semua memiliki risiko, tinggal siap atau tidak menghadapinya.

 


Reksadana Pasar Uang

Bagi kamu yang masih pemula dan baru terjun di dunia investasi, reksadana pasar uang ini sangat direkomendasikan. Karena jenis ini memiliki risiko yang rendah namun tetap menguntungkan. Tidak hanya itu saja yang menjadikan investasi ini primadona, modal yang dibutuhkan juga kecil, mulai puluhan ribu.

Selain itu, investasi jenis ini juga mudah dicairkan kapan saja. Jadi sangat fleksibel jika membutuhkan uang sewaktu-waktu. Aturan mainnya, jika kamu memilih reksadana pasar uang, manajer investasi akan mengalokasikan dana 100 persen. Jenis instrumen dari investasi ini beragam, mulai dari obligasi, sertifikat bank Indonesia atau SBI, deposito berjangka,  surat berharga pasar uang (SBPU) dan lain sebagainya.

 

Reksadana Pendapatan Tetap

Jenis investasi ini bisa dibilang memiliki risiko yang menengah. Lebih tinggi dibandingkan dengan reksadana pasar uang namun lebih rendah dibandingkan dengan saham. Jadi, cocok bagi kamu yang sudah mulai terbiasa dengan dunia investasi.

Sementara untuk pengertiannya sendiri, reksadana pendapatan tetap ini bukan memberikan hasil yang tetap untuk jangka waktu tertentu. Namun instrumen investasi yang dipilih memiliki keuntungan yang tetap. Contohnya saja surat utang atau obligasi yang dapat memberikan keuntungan secara rutin, ada yang sebulan sekali, 3 bulan sekali, dan 1 tahun sekali.

 

Reksadana Campuran

Selanjutnya bagi yang bingung memilih jenis reksadana apa yang akan dijadikan tempat investasi, kamu bisa mencoba yang campuran. Karena, kamu bisa ‘mencicipi’ beberapa jenis reksadana sekaligus. Bisa saham, obligasi, pasar uang dan lain sebagainya, persentasenya akan ditentukan oleh manajer investasi.

Namun, alokasi masing-masing instrumen tidak boleh melebihi 79%. Misalnya kamu meminta untuk mengalokasikan ke pendapatan tetap sebanyak 80%, akan menjadi reksadana pendapatan tetap, bukan lagi campuran. Pun juga jika kamu memilih 80% ke saham, akan menjadi reksadana saham.

Karena dinilai cukup aman, pada masa pandemi sekarang ini banyak orang yang memilih untuk investasi saham. Karena keuntungan terbilang cukup menjanjikan dan strategi yang diterapkan sangat unik.

 

Reksadana Terproteksi

Satu lagi jenis investasi reksadana yang bisa dijadikan pilihan yakni terproteksi atau istilahnya adalah Capital Protected Fund. Bisa dibilang ini sangat aman, karena cara mainnya sudah diatur sedemikian rupa oleh pihak OJK. Selain itu, modal awal yang kamu keluarkan akan diproteksi selama jangka waktu yang telah ditentukan.

Sistem pembagian hasilnya akan dilakukan secara periodik sesuai kesepakatan. Modal awal akan terproteksi dengan baik dan akan kembali dengan catatan si perusahaan penerbit surat utang tidak mengalami gagal bayar.

Sistem kerja dari investasi ini sebenarnya kurang lebih sama dengan pendapatan tetap yang instrumennya adalah surat utang. Bedanya ada pada cara pengolahannya atau sistem kerjanya. Jika pendapatan tetap dikelola secara aktif, namun pada jenis terproteksi ini akan ditahan sampai jangka waktu tertentu.

 


Itulah pilihan investasi reksadana yang populer di Tanah Air. Kamu bisa pilih mana yang dianggap paling cuan, bisa reksadana saham, pasar uang bisa juga yang terproteksi. Jika kamu tertarik untuk investasi reksadana, Pluang menawarkan 2 produk, yakni pasar uang dan pendapatan tetap. Kamu bisa pelajari terlebih dahulu, kemudian baru melakukan investasi, ya.

 

 

 

2 comments

  1. saya juga sudah terjun di pasar forex, alhamdulilah sedikit2 menghasilkan

    ReplyDelete
  2. wah terimakasih infonya kak :D sangat bermanfaat!

    ReplyDelete