Support Me on SociaBuzz

Support Me on SociaBuzz
Dukung Blog Ini

Wisata Kesehatan di Malaysia, Tak Sekedar Jalan-Jalan Biasa

 


Salah satu negara tetangga yang berbatasan langsung dengan kita adalah Malaysia. Negara yang memiliki ibukota Kuala Lumpur ini tidak hanya dekat secara geografis, tetapi juga memiliki akar budaya hingga bahasa yang serumpun dengan negara kita. Selain itu, banyak pula warganegara Indonesia yang bekerja di Malaysia. Sehingga Malaysia merupakan sebuah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

 

Ada banyak pilihan wisata yang bisa ambil ketika kita berwisata ke Malaysia. Namun sebelum membahas itu semua, berikut hal-hal yang membuat Malaysia menjadi pilihan wisata yang tak boleh kita lewatkan :

1.    Memiliki banyak jenis wisata

Malaysia memiliki banyak spot wisata yang sangat tepat untuk dikunjungi. Selain itu beragam jenis wisata tersedia disini. Misalnya saja wisata sejarah. Kamu bisa mengunjungi Melaka, salah satu negara bagian Malaysia. Melaka juga bisa kita tempuh melalui jalur air lho. Di negara bagian yang sangat tenang ini kita bisa menemui Stadthuys, Christ Church Melaka hingga A Famosa. Yang menariknya lagi, spot wisatanya terletak di lokasi yang berdekatan. Sehingga kita tak perlu merogoh kocek lebih untuk mendatangi tempat-tempat wisata ini. Sementara bagi yang ingin berwisata bersama keluarga, bisa mengunjungi Legoland dan Sanrio Hello Kitty.

 


2.    Bisa ditempuh dengan menggunakan berbagai moda transportasi

Untuk menuju negara yang juga memiliki banyak universitas yang menjadi tujuan pelajar dari negara kita ini, kita bisa memilih berbagai moda transportasi. Kita bisa menggunakan pesawat atau melalui jalur laut. Sementara untuk di dalam negara tersebut, atau untuk menuju ke negara tetangga lainnya yang terdekat seperti Singapura dan Thailand, kita bisa menggunakan kereta api dan juga bus.

 


3.    Memiliki bahasa yang hampir mirip dengan Bahasa Indonesia

Ingin ke luar negeri tetapi khawatir dengan kendala bahasa, maka Malaysia bisa menjadi pilihan yang tepat. Kita tak akan kesulitan karena memiliki bahasa yang mirip.

 

4.    Akomodasi wisata yang relatif terjangkau

Malaysia merupakan salah satu negara dengan biaya hidup yang murah di dunia. Sehingga kita tak perlu khawatir ketika memilih berwisata ke negara ini. Selain itu, kita juga bisa membeli oleh-oleh yang juga relatif terjangkau. Jadi saat pulang ke Indonesia, tidak perlu khawatir saat ditanya kerabat dan teman soal oleh-oleh.

Selain itu, ada banyak paket perjalanan wisata ke Malaysia dengan biaya yang juga bersahabat. Secara umum, kita tak perlu khawatir untuk memilih berwisata ke Malaysia.

 


5.    Tidak memerlukan visa, cukup dengan paspor

Nah ini satu lagi kelebihan saat kita memilih untuk berwisata ke Malaysia. Yakni tidak memerlukan visa. Cukup memiliki paspor, maka kita sudah bisa langsung masuk ke negara ini.

 

6.    Negara yang ramah untuk berwisata

Ingin berwisata dengan mengajak keluarga. Baik anak-anak yang masih kecil ataupun orang tua yang mungkin sudah lansia. Maka Malaysia merupakan pilihan yang tepat. Karena negara ini adalah negara yang ramah untuk destinasi wisata seluruh anggota keluarga.

 

7.    Memiliki ragam kuliner yang menarik

Satu lagi kelebihan Malaysia sebagai sebuah destinasi wisata. Yaitu memiliki ragam kuliner yang menarik. Perpaduan banyak kultur di negara ini turut memberikan wrna yang beragam pada kulinernya. Kita bisa mendatangi Bukit Bintang di Malaysia untuk pengalaman beragam wisata kuliner yang unik

 


Kita telah membahas alasan Malaysia merupakan destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan. Selanjutnya kita akan menemukan beberapa destinasi wisata menarik saat kita berkunjung ke Malaysia.

 

1.    Jonker Street

Mengunjungi Malaysia rasanya belum lengkap jika belum mendatangi jalan ini. Terletak di Melaka, Jonker Street memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Pastikan untuk mengunjungi jalan ini di malam hari karena viewnya sangat menarik. Selain itu, ada banyak turis dari berbagai negara sehingga menambah semarak jalanan di Jonker.

Di sepanjang jalan Jonker, juga banyak tersedia kuliner yang menggoda selera serta dijajakan ala penjual kaki lima jika di Indonesia. Selain itu kita bisa membeli oleh-oleh khas Malaysia yang dijual di berbagai store di sepanjang jalan ini. Kita juga bisa menyaksikan aksi seniman jalanan hingga pertunjukan musik.

Memiliki lokasi dekat dengan wisata sejarah di Melaka, kita bisa sekalian berkunjung. Jangan lupa pula untuk menikmati Melaka River yang memiliki air yang tenang.

 


2.    Penang Island

Saat berkunjung ke destinasi wisata ini, kamu bisa naik ke Penang Hill yang terletak pada ketinggian 830 meter. Untuk menuju spot ini, kamu bisa menaiki kereta ataupun dengan cara hiking. Tentunya lelahnya akan sebanding dengan pemandangan indah yang menunggu di Penang Hill.

Selain itu, di Penang Island ini juga terdapat Yi Bin The Mansion of Tea Art. Merupakan bangunan kedia teh yang akan mengajarkan kita tentang seni minum teh dan bagaimana cara membuat teh tradisional. Kita juga bisa berkunjung ke Batu Ferringhi, yaitu tempat wisata bahari yang memiliki keseruan dengan olahraga airnya. Terdapat pula banyak resort bintang 5 di lokasi wisata ini.

 

3.    Batu Caves

Di Selangor kita akan menemui Batu Caves. Destinasi wisata ini berupa bukit kapur dengan beberapa gua di dalamnya. Bagi kamu yang suka berpetualang, kamu harus mendatangi Gua Kuli. Dimana untuk menuju lokasi ini, kita harus menaiki 272 undak tangga beton. Daya tarik tempat ini juga dengan adanya Patung Murugan di depan pintu masuk.

Patung ini merupakan patung tertinggi dan terbesar di dunia ini bersepuh cat emas yang didatangkan khusus dari Thailand.


 

4.    Petronas Twin Tower

Terletak di kota Kuala Lumpur, tidak lengkap rasanya ke Malaysia jika tidak berfoto di salah satu ikon negara Malaysia ini. Menara Kembar atau Petronas Twin Tower merupakan spot berfoto yang tak boleh dilewatkan. Memiliki tinggi mencapai 452 meter, menara ini dirancang oleh seorang arsitek asal Argentina, Cesar Pelli.

Dibangun selama sekitar lima tahun, Petronas memiliki 33.000 panel kaca dan 55.000 panel baja tahan karat yang menghiasi eksterior. Terdiri dari 88 lantai, kita bisa naik ke Skybridge yang menghubungkan kedua menara di lantai 41 dan 42. Kita bisa melanjutkan dengan naik ke dek pengamatan di lantai 86 yang terletak 1.181 kaki atau 360 meter dari permukaan tanah. Disini saat cuaca cerah, kita akan mendapati pengalaman melihat pemandangan yang tak terlupakan.

 


Tentunya ada banyak lagi destinasi wisata di Malaysia yang bisa kita kunjungi saat datang ke negara ini diantaranya Masjid Jamek, Tunku Abdul Rahman National Park, Redang Island, Putrajaya, Shah Alam, Istana Bukit Serene, Thean Hou Temple hingga Wong Ah Fook Street.

 

Saat ini mengunjungi suatu negara tidak hanya sebatas mendatangi tempat-tempat wisata menarik di negara tersebut. Salah satu jenis wisata lainnya yang bisa kita pilih adalah wisata kesehatan. Jadi selain mendapatkan pengalaman berwisata yang menakjubkan, kita bisa mendapatkan hasil lain yang tak kalah pentingnya.

 

Kita juga bisa mengajak anggota keluarga tercinta seperti ayah dan ibu untuk memeriksakan kondisi kesehatan mereka. Tentunya kita sudah mengetahui bahwa manusia memiliki jiwa, raga dan mental. Dan kesehatan ketiganya menjadi syarat agar bisa mendapatkan kehidupan yang baik. Selain mengobati, langkah pencegahan juga penting.

 

Selain sejumlah kelebihan saat memilih berwisata ke Malaysia, Malaysia juga memiliki fasilitas jenis wisata kesehatan yang tentunya sudah berpengalaman panjang. Ditambah lagi Malaysia telah memiliki Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) yang merupakan organisasi yang didirikan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia yang bertugas sebagai perwakilan dari 69 rumah sakit swasta di Malaysia. Selain itu MHTC juga merupakan pusat informasi bagi pasien yang ingin berobat sekaligus mendapatkan informasi di Malaysia (Sabah, Serawak, Kuala Lumpur, Penang dan Malaka). MHTC ini memiliki kantor di Kuala Lumpur. Dan memiliki beberapa kantor perwakilan di Indonesia, China, Myanmar dan Vietnam.

 


MHTC memiliki banyak rumah sakit yang siap melayani para pasien yang datang dari berbagai negara. Diantaranya Penang Adventist, Mahkota Medical Center, Sunway Medical Center, Institut Jantung Negara, Pantai Hospital Grup, Prince Court Medical Center, Loh Guan Lye Specialist Center, Gleneagles Penang, Alpha Fertility Center dan lain sebagainya.

 

MHTC ini memiliki sistem pelayanan yang terintegrasi. Setelah kita mendaftar, kita akan dijemput langsung di bandara kedatangan, dibawa ke rumah sakit tujuan dan setelah dari rumah sakit ini, pasien akan diberikan laporan medis, rehabilitasi dan riwayat tindakan untuk dibawa dan ditindaklanjuti di tanah air. Berdiri sejak tahun 2009 lalu, program-program MHTC telah beberapa kali mendapatkan penghargaan internasional. Diantaranya International Living (Global Retirement Index 2015-2019) sebagai Best Country in the World for Healthcare.

 

MHTC ini memiliki kelebihan melayani pasien dari negara lain dengan fasilitas pelayanan yang sangat lengkap. Selain itu, teknologi medis yang dipakai juga sudah sangat maju. Didukung dengan tenaga medis yang profesional dan berpengalaman, membuat MHTC tak perlu diragukan lagi untuk menjadi pilihan untuk melakukan wisata kesehatan yang kini telah menjadi salah satu jenis wisata yang dipilih oleh warga dunia.

 

Indonesia sendiri merupakan negara dengan banyak penduduknya yang melakukan perjalanan wisata kesehatan ke Malaysia. Khususnya ke Penang. Dengan harga terjangkau, memilih Malaysia sebagai tempat wisata kesehatan merupakan pilihan yang tepat karena akan memberi banyak keuntungan.

 

Untuk bisa mendapatkan informasi lebih lengkap, kantor perwakilan Indonesia yang berada di Jalan Jendral Sudirman Jakarta Selatan selalu siap melayani kamu. Selain itu, saat kamu berwisata ke Malaysia dan mengalami masalah kesehatan di luar rencana, maka kamu tidak perlu khawatir. Tersedia banyak rumah sakit di bawah MHTC yang siap melayani semua masalah kesehatan yang kamu alami. Sehingga kamu akan merasa aman dan nyaman. Karena salah satu hal yang menjadi bahan pertimbangan saat mengunjungi suatu negara adalah ketika terjadi masalah kesehatan.

 

Hal ini terutama saat kita membawa anggota keluarga yang juga lebih berisiko seperti lansia. Tentunya saat berkunjung ke Malaysia, kamu tak perlu merisaukan hal ini. Jadi, berkunjung ke Malaysia, tak sekedar jalan-jalan biasa. Dapatkan pengalaman seru, sekaligus dapatkan rasa aman dan nyaman, bebas khawatir dengan memilih destinasi wisata di Malaysia, The Trully Asia.

Oh ya,  MHTC juga sedang mengadakan video competition loh! Temanya tentang wisata medis dan pariwisata di Malaysia. Hadiahnya seru-seru. Mulai dari kamera canggih, paket medical check up gratis di Malaysia, sampai menginap di hotel berbintang!

Info lengkapnya silakan cek pada flyer di bawah ini ya. Info-info terkait MHTC juga bisa kalian akses di www.medicaltourismmalaysia.id dan malaysiahealthcare.org.

 




Sumber :

medicaltourismmalaysia.id

idntimes.com

expedia.co.id

befreetour.com

 

 

10 comments

  1. Setuju banget sih kalo malaysia jadi wisata kesehatan dunia khususnya pedang ya.. banyak warga dunia melakukan wisata kesehatan di malaysia termasuk warga negara indonesia yang mencoba melakukan ikhtiar untuk kesehatannya..

    ReplyDelete
  2. jadi teringat kasus influencer yang berdebat dengan salah satau praktisi kesehatan karena menyebutkan kalau 80% penyakit berat di Indonesia kebanyakan berobat di Penang :) ternyata ada alasannya kenapa bisa pada berobat ke Penang hehee

    ReplyDelete
  3. Berobat ke Malaysia bisa sekaligus wisata, ya. Udah lama pingin jalan-jalan ke sini dengan alasan yang sama dengan di atas.

    ReplyDelete
  4. Wow masya Allah, wisata kesehatan di Malaysia ini memang mengasyikkan. Sebelum ada program seperti ini pun, setahu saya orang Indonesia memang banyak yang suka berobat ke Malaysia.

    ReplyDelete
  5. periksa kesehatan sekaligus jalan-jalan. menarik sekali. mengingat banyak sekali ya mba org2 di Indonesia berobat ke malaysia terutama ke penang.

    ReplyDelete
  6. Lokasinya dari Jakarta tak terllau jauh. Selain itu bahasanya juga sama. DEngan segala kemudahan serta fasilitas yang lengkap, Malaysia jaid pilihan ya mba

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen ke Malaysia terutama ke Legoland nih... Banyak destinasi wisata ternyata di Malaysia

    ReplyDelete
  8. well, saya lihat memang banyak warga kita yang jalan - jalan ke negara tetangga ini ya.. mungkin karena paling dekat juga

    ReplyDelete
  9. Salut banget sama Malaysia.
    Berobat tapi tanpa tekanan, sehingga bahagia menjadi kunci untuk kesembuhan pasien.

    ReplyDelete
  10. Jadi ingat temenku yg suka menemani ibunya berobat ke Malaysia setahun sekali. Dia bilang memang pelayanan kesehatan di sana cukup bagus sekali

    ReplyDelete